ConcernedApe - Stardew Valley


     Stardew Valley adalah permainan simulasi pertanian yang terinspirasi utamanya oleh Story of Seasons, sebuah seri oleh Marvelous yang sebelumnya dikenal sebagai Harvest Moon. Pada awal permainan, pemain membuat karakter yang mewarisi sebidang tanah dan sebuah rumah kecil yang dulunya dimiliki oleh kakek mereka di sebuah desa kecil bernama Pelican Town, yang terletak di Stardew Valley yang terkenal. Pemain dapat memilih dari beberapa jenis peternakan yang berbeda, masing-masing dengan tema unik serta manfaat dan kerugian yang berbeda. Tanah pertanian awalnya ditutupi oleh batu-batuan, pohon-pohon, tunggul, dan rumput-rumput, dan pemain harus bekerja untuk membersihkan puing-puing tersebut untuk membuat jalan bagi tanaman, bangunan, dan berbagai item lain yang dapat ditempatkan.

    Pemain berinteraksi dengan karakter non-pemain (NPC) yang tinggal di desa, termasuk menjalin hubungan dengan mereka; ini bisa berujung pada pernikahan, yang mengakibatkan NPC membantu karakter pemain untuk merawat peternakan. Setelah menikah, pemain mungkin memiliki kesempatan untuk memiliki anak dengan pasangan mereka, atau mengadopsi salah satu dalam kasus pernikahan sesama jenis. Pemain juga dapat memancing, memasak, membuat kerajinan, dan menjelajahi gua-gua yang dihasilkan secara prosedural dengan material dan bijih untuk ditambang atau makhluk-makhluk untuk dibasmi. Pemain dapat mengambil berbagai misi untuk mendapatkan uang tambahan atau menyelesaikan koleksi bahan tertentu (disebut "bundle") untuk memulihkan Pusat Komunitas desa atau membayar sejumlah uang tertentu untuk menyelesaikan bundel JojaMart. Menyelesaikan bundel memberi pemain berbagai item, termasuk benih dan alat. Menyelesaikan beberapa bundel memberikan pemain akses ke area dan mekanik permainan yang sebelumnya terbatas. Semua kegiatan ini harus diukur berdasarkan kesehatan dan tingkat kelelahan karakter, serta jam internal permainan. Pemain dapat mengonsumsi makanan yang memberikan beberapa buffs yang berguna dalam aktivitas dan situasi tertentu. Makanan juga merupakan sumber pemulihan kesehatan dan energi, yang memungkinkan pemain untuk menyelesaikan lebih banyak tugas dalam satu hari tertentu. Permainan menggunakan kalender yang disederhanakan, setiap tahun memiliki empat bulan 28 hari yang mewakili masing-masing musim, yang menentukan tanaman mana yang dapat ditanam dan aktivitas mana yang dapat menguntungkan. Nanti dalam permainan, pemain dapat memulihkan sebuah rumah kaca dan mengakses sebuah pulau tropis yang dapat menanam segala jenis tanaman tanpa memperdulikan musim. Pulau ini juga berisi gunung berapi dan sumber daya tambahan yang dapat dimanfaatkan dalam permainan.\


    Pengembangan Stardew Valley, yang awalnya bernama Sprout Valley, dibuat oleh perancang permainan indie Amerika, Eric Barone, yang dikenal secara profesional sebagai ConcernedApe. Pada tahun 2011, Barone lulus dari Universitas Washington Tacoma dengan gelar ilmu komputer tetapi tidak dapat mendapatkan pekerjaan di industri tersebut, sehingga bekerja sebagai penjaga di Paramount Theatre di Seattle. Mencari untuk meningkatkan keterampilan komputernya untuk prospek pekerjaan yang lebih baik, ia mendapatkan ide untuk membuat permainan yang juga akan menarik sisi artistiknya. Berdasarkan pengalamannya di Pacific Northwest, Barone memasukkan banyak elemen dari wilayah tersebut ke dalam gameplay dan seni. Stardew Valley awalnya dimulai sebagai alternatif modern buatan penggemar untuk seri Story of Seasons, karena ia merasa seri tersebut telah "semakin buruk" setelah Harvest Moon: Back to Nature. Tidak dapat menemukan pengganti yang memuaskan, Barone mulai membuat permainan yang mirip dengan seri tersebut, menyatakan bahwa niatnya adalah "untuk mengatasi masalah yang saya miliki dengan [Story of Seasons]" dan bahwa "tidak ada judul dalam seri itu yang pernah menyatukan semuanya dengan sempurna". Barone juga terinspirasi oleh permainan lain, termasuk Animal Crossing, Rune Factory, Minecraft, dan Terraria, menambahkan fitur-fitur yang ditemukan dalam permainan-permainan tersebut seperti kerajinan, misi, dan pertempuran. Barone adalah satu-satunya pengembang dalam permainan ini, menciptakan semua seni pixel permainan, musik, efek suara, cerita, dan dialog. Awalnya, Barone menganggap untuk merilis Stardew Valley di Xbox Live Indie Games karena kemudahan penerbitannya di platform itu, tetapi menemukan bahwa cakupannya menjadi jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Barone secara publik mengumumkan permainan tersebut pada September 2012, menggunakan sistem Steam's Greenlight untuk mengukur minat terhadap permainan tersebut. Setelah permainan mendapat dukungan besar dari komunitas, Barone mulai bekerja padanya sepenuhnya, terlibat dengan komunitas Reddit dan Twitter untuk mendiskusikan kemajuannya dan mendapatkan umpan balik tentang tambahan yang diajukan. Segera setelah periode Greenlight pada tahun 2013, dia approached oleh Finn Brice, direktur Chucklefish, yang menawarkan bantuan untuk menerbitkan permainan tersebut saat rilis. Chucklefish mengambil alih banyak kegiatan non-pengembangan untuk Barone, seperti hosting situs dan menyiapkan wiki pengembangannya. Barone memutuskan untuk tidak menggunakan fitur akses awal Steam untuk pengembangan, karena menurutnya tidak cocok untuk Stardew Valley. Barone menghabiskan empat tahun bekerja pada proyek itu, mengulangi beberapa kali dan sering menghabiskan 10 jam atau lebih sehari untuk bekerja pada proyek itu. Barone awalnya memrogramnya dengan C# menggunakan kerangka kerja Microsoft XNA, tetapi kemudian bermigrasi ke MonoGame pada tahun 2021, yang, menurut Barone, "melindungi permainan untuk masa depan dan memungkinkan mod mengakses lebih dari 4 gigabyte RAM". Barone bertujuan untuk memberikan pemain perasaan


     terbenam di dalam komunitas pertanian kecil, menyatakan bahwa ia ingin Stardew Valley menghibur sambil juga merancangnya untuk memiliki "pesan dunia nyata". Berbeda dengan permainan Story of Seasons sebelumnya, yang bisa berakhir setelah dua tahun waktu dalam permainan telah berlalu, Barone membuat Stardew Valley terbuka sehingga pemain tidak merasa tergesa-gesa untuk mencoba menyelesaikan semua yang mungkin. Selama pengembangan, Barone menyadari bahwa beberapa pemain akan mencoba untuk mencari tahu secara mekanis bagaimana memaksimalkan hasil dan keuntungan pertanian mereka melalui spreadsheet dan alat lain, tetapi berharap bahwa sebagian besar pemain akan menghabiskan waktu untuk mempelajarinya sendiri. Untuk itu, dia merancang aspek memasak permainan sengaja tidak untuk menguntungkan, tetapi malah memberikan balik berupa bonus yang membantu eksplorasi, pertanian, penambangan, dan keterampilan memancing. Barone juga memilih untuk tidak menyertakan pemotongan hewan ternak untuk produk daging, mendorong pemain untuk memberi nama dan merawat masing-masing hewan secara individual sesuai dengan perasaan yang diinginkannya untuk permainan. Pada April 2015, Barone mengumumkan bahwa ia berniat untuk merilis permainan hanya setelah ia merasa fitur tersebut selesai, menolak untuk menempatkan permainan tersebut ke dalam program Akses Awal, atau menerima pembayaran pra-penjualan apa pun. Permainan tersebut dirilis untuk Windows pada tanggal 26 Februari 2016. Setelah rilisnya, Barone terus bekerja pada permainan tersebut, mengambil umpan balik dari komunitas dan memperbaiki bug, dan menyatakan rencana untuk menambahkan fitur tambahan pada tanggal yang lebih lanjut. Barone berencana untuk menambahkan konten end-game yang lebih banyak, serta port untuk platform lain. Barone telah menyatakan bahwa ia awalnya merencanakan mode kooperatif empat pemain yang akan dirilis dalam permainan pada peluncuran. Dalam mode ini, Barone merencanakan bahwa semua pemain akan berbagi pertanian yang sama, memungkinkan pemain untuk melakukan tugas-tugas yang berbeda terkait dengannya, seperti salah satu pemain menambang sementara yang lain merawat bagian-bagian yang berbeda dari pertanian. Fitur multipemain mendukung konektivitas jaringan lokal dan online jarak jauh. Barone merencanakan untuk menguji beta publik fitur multipemain pada akhir 2017 untuk versi Windows, tetapi masih bekerja untuk meningkatkan kode jaringan pada awal 2018. Beta multipemain untuk Windows dirilis pada April 2018, dengan peluncuran resmi untuk semua platform PC pada tanggal 1 Agustus 2018. Pada Desember 2018, pembaruan multipemain dirilis untuk Nintendo Switch. Versi mobile untuk iOS dan Android dikembangkan dengan bantuan The Secret Police, dengan versi iOS dirilis pada 24 Oktober 2018, dan versi Android dirilis pada 14 Maret 2019. Kedua versi ini mencakup kemampuan bagi pengguna Windows, macOS, dan Linux untuk mentransfer kemajuan ke perangkat mereka. Pada tahun 2018, Barone menyatakan keinginannya untuk merangkai tim pengembang untuk membantu melanjutkan pengembangan permainan. Pada tahun 2019, semua versi permainan, kecuali di ponsel, dipublikasikan sendiri oleh Barone. Pada Desember 2019, Stardew Valley ditambahkan ke Tesla Arcade, layanan permainan video berbasis Linux yang terintegrasi dalam sebagian besar model mobil listrik Tesla. Adaptasi permainan papan kooperatif, Stardew Valley: The Board Game, dirilis pada Februari 2021. Sebuah buku masak resmi yang menampilkan adaptasi dari lebih dari 50 resep dalam permainan diumumkan pada Agustus 2023 dan dijadwalkan akan dirilis pada 14 Mei 2024. ConcernedApe mempromosikan tur konser Stardew Valley pertamanya, Stardew Valley: Festival of Seasons, pada 10 Oktober 2023. Keterlibatan Chucklefish Pada Mei 2016, Barone mengumumkan bahwa penerbit Chucklefish akan membantu dengan lokalitas non-Inggris, port macOS, Linux, dan konsol, serta aspek teknis yang diperlukan untuk bermain kooperatif online, memungkinkannya untuk fokus sepenuhnya pada pembaruan konten utama pertama. Port macOS dan Linux dirilis pada 29 Juli 2016. Port untuk PlayStation 4 dan Xbox One diumumkan di E3 2016 pada Juni. Pada acara yang sama, Barone menyatakan bahwa port untuk Wii U juga akan dirilis, meskipun versi tersebut kemudian dibatalkan demi versi untuk Nintendo Switch. Versi PlayStation 4 dan Xbox One dirilis masing-masing pada 13 dan 14 Desember 2016. Versi Switch, dipindahkan oleh Sickhead Games, dirilis pada 5 Oktober 2017. Pada awal 2017, Barone menyatakan niatnya untuk kemungkinan port PlayStation Vita, yang kemudian dikonfirmasi dan dirilis pada 22 Mei 2018. Versi ritel untuk PlayStation 4 dan Xbox One diterbitkan dan didistribusikan oleh 505 Games. Edisi kolektor yang dirilis pada waktu yang sama mencakup peta fisik dunia permainan, kode unduhan untuk soundtrack, dan buku panduan. Pada Desember 2018, hak penerbitan untuk semua platform di luar Android, iOS, dan Nintendo Switch kembali ke Barone. Ini diikuti oleh pemulihan hak untuk rilis Nintendo Switch pada Oktober 2019, wiki resmi pada Februari 2021, rilis iOS pada Desember 2021, dan rilis Android pada Maret 2022, mengakhiri keterlibatan Chucklefish. Mods Stardew Valley juga memiliki komunitas modding yang aktif, dengan pemain menambahkan berbagai fitur baru ke dalam permainan. Salah satu mod tersebut adalah Stardew Valley Expanded, yang memiliki lebih dari 2 juta unduhan. Sebagian besar mods hanya dapat dimainkan melalui versi PC permainan. 

Sumber : wikipedia

Comments

Popular Posts