MindArk - Entropia Universe

Entropia Universe adalah sebuah  permainan virtual multiplayer raksasa  alam semesta online (MMORPG) yang dirancang oleh perusahaan perangkat lunak Swedia, MindArk, yang berbasis di Gothenburg.

Entropia menggunakan model bisnis micropayment, di mana pemain dapat membeli mata uang dalam permainan (PED - Project Entropia Dollars) dengan uang sungguhan yang dapat ditukarkan kembali menjadi dolar AS dengan nilai tukar tetap 10:1. Ini berarti bahwa item virtual yang diperoleh dalam Entropia Universe memiliki nilai uang tunai nyata, dan seorang peserta dapat, kapan saja, menginisiasi penarikan PED mereka yang terakumulasi kembali ke dolar AS sesuai dengan nilai tukar tetap, dikurangi biaya transaksi. Dikatakan Entropia Universe adalah kelanjutan nyata dari Project Entropia.

Entropia Universe masuk ke dalam Buku Rekor Dunia Guinness baik pada tahun 2004 maupun 2008 untuk objek dunia virtual yang paling mahal yang pernah dijual. Pada tahun 2009, sebuah stasiun luar angkasa virtual, tujuan populer, terjual seharga $330.000. Ini kemudian terlampaui pada November 2010 ketika Jon Jacobs menjual sebuah klub bernama "Club Neverdie" seharga $635.000; properti ini dijual dalam bagian, dengan yang terbesar terjual seharga $335.000. Permainan ini telah dijelaskan sebagai berdedikasi pada kapitalisme daripada kualitas permainan, dan menghubungkan tenaga kerja dalam permainan dengan keuntungan dunia nyata, dalam hal ini dapat dilihat sebagai pendahulu spiritual dari model bermain untuk mendapatkan keuntungan.

Permainan

Permainan ini dapat dimainkan secara gratis, tetapi mengeluarkan uang untuk mata uang dalam permainan memungkinkan opsi tambahan yang signifikan seperti membeli item, keterampilan, sertifikat/saham, dan layanan dari pemain lain. Hampir semua aktivitas utama dalam permainan membutuhkan sumber daya yang dapat digunakan yang harus dibeli. Item juga dapat dibuat untuk digunakan atau dijual kepada pemain lain.

Pengembangan

Pada tahun 1995, pengembangan Entropia Universe (dulunya Project Entropia) dimulai oleh dua kelompok berbeda - salah satunya di Swedia yang dipimpin oleh Jan Welter Timkrans dan satu di Swiss, dipimpin oleh Benny Iggland. Awalnya berlangsung di Planet fiksi Calypso, versi 2001 menggunakan mesin permainan NetImmerse 4. Pada 20 Mei 2002, Uji Coba Komersial dimulai, dan permainan itu tersedia untuk publik. Dengan Pembaruan Versi 4.2 pada 28 Januari 2003, permainan dianggap "Emas".

Peristiwa penting dan penjualan properti virtual

Bagian ini dalam format daftar tetapi mungkin lebih baik dibaca sebagai prosa. Anda dapat membantu dengan mengonversi bagian ini, jika sesuai. Bantuan pengeditan tersedia. (November 2021)

14 Desember 2004 – Pencipta permainan, MindArk, mengumumkan kesimpulan dari "Treasure Island Sale" pertama, sebuah pulau virtual yang dilelang. Penawar terpilih membayar 265.000 PED (US$26.500) untuk pulau tersebut, harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah item virtual.

24 Oktober 2005 – Sebuah "resor luar angkasa asteroid" virtual dibeli oleh Jon "Neverdie" Jacobs seharga 1.000.000 PED (US$100.000), melampaui penjualan Treasure Island.

2 Mei 2006 – MindArk mengumumkan pengenalan kartu ATM yang memungkinkan pemain menarik mata uang dunia nyata yang setara dengan dana PED mereka secara langsung dari mana saja ATM Versatel. Dinyatakan bahwa $165 juta telah "mengalir melalui permainan" pada tahun 2005 dan bahwa angka ini diperkirakan akan menggandakan pada tahun 2006.

17 Oktober 2006 – MindArk mengumumkan bahwa Entropia Universe telah mencapai 500.000 pengguna terdaftar.

8 Mei 2007 – MindArk mengumumkan hasil dari "lelang lisensi perbankan virtual". Lisensi eksklusif dua tahun ini bertujuan untuk mengintegrasikan sistem perbankan dunia nyata ke dalam Entropia Universe, bekerja secara mirip dengan bank atau tempat gadai dunia nyata. Awalnya, mereka akan dilengkapi dengan sistem yang aman yang memungkinkan mereka untuk meminjamkan uang dan mengumpulkan bunga, merancang dan menamai gedung bank virtual mereka sendiri, dan membuat personel mereka tersedia melalui avatar. Setiap pemenang akan diminta untuk menambahkan modal kerja tambahan sebesar US$100.000. Setelah beberapa bulan lelang, enam lisensi tersebut terjual dengan total US$404.000.

Comments

Popular Posts