Cryptic Studios - Neverwinter

Neverwinter adalah permainan peran daring multipemain masif berbayar yang dikembangkan oleh Cryptic Studios untuk Microsoft Windows pada tahun 2013, Xbox One pada tahun 2015, dan PlayStation 4 pada tahun 2016. Berdasarkan kota fiksi Forgotten Realms, Neverwinter dari Dungeons & Dragons, Neverwinter adalah permainan mandiri dan bukan bagian dari seri sebelumnya, Neverwinter Nights.

Pemain dapat memilih salah satu dari delapan kelas karakter Dungeons & Dragons dan membentuk kelompok hingga lima karakter pemain (PC). Awalnya, Neverwinter didasarkan pada versi yang dimodifikasi dari aturan edisi ke-4 Dungeons & Dragons. Ini termasuk penggunaan kekuatan penyembuhan dan poin aksi, yang terakhir diimplementasikan melalui sistem yang disebut dailies, memungkinkan pemain untuk melakukan kemampuan khusus dengan mengumpulkan cukup poin aksi melalui pertarungan. Sistem konten yang dibuat oleh pemain yang berkode "Foundry" memungkinkan pemain untuk membuat cerita dan misi mereka sendiri.

Pada bulan Oktober 2011, gameplay Neverwinter diubah menjadi MMORPG berbayar dengan item tambahan dan keuntungan lain yang tersedia untuk dibeli dengan biaya tertentu.

Pada bulan Agustus 2014, modul Tyranny of Dragons digunakan untuk menjembatani kesenjangan naratif antara permainan dan Dungeons & Dragons edisi ke-5 yang baru dirilis saat itu. Banyak modul berikutnya akan memiliki keterkaitan dengan alur cerita Dungeons & Dragons edisi ke-5, seperti Elemental Evil, Storm King's Thunder, Tomb of Annihilation, Ravenloft, dan Undermountain. Pada bulan April 2019, semua delapan kelas menerima tingkat keseimbangan dan penyesuaian yang berbeda dan setiap kelas diubah namanya untuk disesuaikan dengan Dungeons & Dragons edisi ke-5.

Atari membeli Cryptic Studios pada musim gugur 2009. Pada akhir Agustus 2010, Atari mengumumkan Neverwinter, yang akan dikembangkan oleh Cryptic Studios, dengan rilis yang dijadwalkan untuk akhir 2011. Pada bulan Mei 2011, Atari sedang dalam proses menjual Cryptic Studios, menyatakan bahwa pengembangan Neverwinter akan berlanjut seperti biasa, tetapi hanya untuk sementara waktu.

Permainan ini pertama kali ditampilkan secara publik di E3 2011, di mana banyak detail tentang permainan tersebut diungkapkan. Permainan awalnya dijadwalkan akan dirilis sebagai acara lintas media seiring dengan rilis serangkaian empat buku oleh penulis fantasi R.A. Salvatore dan permainan meja dari Wizards of the Coast.

Karena akuisisi Cryptic oleh Perfect World Entertainment, Neverwinter ditunda hingga tahun 2012. Perfect World juga membeli hak untuk menerbitkan permainan dari Atari, bersamaan dengan penyelesaian gugatan Atari dengan Wizards of the Coast atas lisensi Dungeons & Dragons. Pada bulan Oktober, Neverwinter dipindahkan dari permainan multipemain kooperatif menjadi MMORPG berbayar, yang lebih memperpanjang penundaan permainan hingga akhir 2012. Perfect World kemudian lagi menunda Neverwinter ke awal 2013 untuk lebih memoles permainan.

Sebelum merilis detail utama tentang permainan, Perfect World meluncurkan kampanye pemasaran viral yang disebut Pengepungan Neverwinter, menampilkan video dari cerita permainan. Permainan ini di Penny Arcade Expo (PAX) East 2012, di mana permainan ini dianugerahi Best of Show oleh MMORPG.com.

Permainan ini menjalankan uji beta tertutup dari 8 Februari hingga 14 April 2013, sebelum uji beta terbuka dimulai pada 30 April.

Shannon Appelcline, penulis seri Designers & Dragons, menulis bahwa "Pengaturan Kampanye Neverwinter diluncurkan sebagai rilis multimedia besar-besaran pertama dari 4e - pendekatan pemasaran yang akan secara teratur digunakan oleh Wizards di tahun-tahun berikutnya. Ini sangat terkait dengan serangkaian empat novel, buku komik, dua permainan komputer yang berbeda, dan bahkan permainan papan. Dua permainan komputer Neverwinter lainnya muncul berkat kampanye 'transmedia' Wizards. MMORPG baru bernama "Neverwinter" akan menjadi pusat peluncuran Neverwinter, tetapi tertunda selama dua tahun karena resolusi gugatan permainan komputer dan penjualan pengembang, Cryptic Studios Neverwinter (2013) akhirnya muncul hanya setelah bagian peluncuran lainnya. Ini terus didukung hingga hari ini dan telah berpartisipasi dalam beberapa peluncuran multimedia D&D 5e".

Pada Juni 2018, Cryptic Studios mengungkapkan bahwa selama lima tahun:

"Hampir 18 juta pemain setara dengan 775 kali populasi Neverwinter".

"Pemain telah mati 202 juta kali".

"Dungeon yang paling mematikan adalah Kuil Lostmauth".

"Ras paling populer adalah manusia diikuti oleh Tieflings".

"Kelas paling populer adalah Great Weapon Fighter diikuti oleh Trickster Rogue dan Hunter Ranger".

63 juta monster telah dibunuh termasuk lebih dari 6,5 juta naga.

Pada Desember 2021, perusahaan induk Swedia Embracer Group sedang dalam proses mengakuisisi lengan Amerika Utara dan penerbitan dari Perfect World Entertainment dari Perfect World Europe melalui anak perusahaan Gearbox Software-nya. Setelah akuisisi, Perfect World Entertainment dibubarkan menjadi Gearbox Publishing dan berganti nama menjadi Gearbox Publishing SF (San Francisco), yang sekarang menjadi penerbit saat ini untuk Neverwinter, sementara Cryptic melanjutkan operasinya sebagai anak perusahaan The Gearbox Entertainment Company.

Baca Juga : SMILEGATE RPG - LOST ARK
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts