Jagex - RuneScape

 RuneScape adalah permainan peran daring multipemain masif fantasi (MMORPG) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Jagex, dirilis pada Januari 2001. RuneScape awalnya adalah permainan browser yang dibangun dengan bahasa pemrograman Java; pada tahun 2016, sebagian besar digantikan oleh klien C++ mandiri. Permainan ini telah memiliki lebih dari 300 juta akun yang dibuat dan diakui oleh Guinness World Records sebagai MMORPG gratis terbesar dan paling sering diperbarui.

RuneScape berlangsung di dunia Gielinor, sebuah alam fantasi abad pertengahan yang dibagi menjadi kerajaan, wilayah, dan kota yang berbeda. Pemain dapat melakukan perjalanan di seluruh Gielinor melalui beberapa metode termasuk berjalan kaki, mantra ajaib, atau kapal charter. Setiap wilayah menawarkan berbagai jenis monster, sumber daya, dan misi untuk menantang pemain. Alam fiksi permainan telah dieksplorasi melalui permainan video yang terkait dengan situs web pembuatnya, FunOrb, Armies of Gielinor, dan novel-novel Betrayal at Falador, Return to Canifis, dan Legacy of Blood.

Pemain diwakili dalam permainan dengan avatar yang dapat disesuaikan. RuneScape tidak mengikuti alur cerita linear; sebaliknya, pemain menetapkan tujuan dan objektif mereka sendiri. Pemain dapat memilih untuk melawan monster karakter non-pemain (NPC), menyelesaikan misi, atau meningkatkan pengalaman mereka dalam keterampilan yang tersedia. Pemain berinteraksi satu sama lain melalui perdagangan, obrolan, atau dengan berpartisipasi dalam mini-game dan aktivitas, beberapa di antaranya bersifat kompetitif atau pertempuran, sementara yang lain membutuhkan permainan kooperatif atau kolaboratif.

Versi publik pertama dari RuneScape dirilis pada Januari 2001 dalam bentuk beta, dengan Jagex sebagai pemegang hak cipta yang terbentuk kemudian pada tahun itu. Seiring dengan berkembangnya popularitas permainan, mesin permainan diubah tulis ulang dan dirilis sebagai RuneScape 2, dengan versi asli permainan yang berganti nama menjadi RuneScape Classic. Iterasi ketiga permainan, yang dikenal sebagai RuneScape 3, dirilis pada Juli 2013. Old School RuneScape, versi terpisah dan lebih tua dari permainan yang berasal dari Agustus 2007, dirilis pada Februari 2013, dan dipelihara bersama dengan klien asli. Diumumkan bahwa versi mobile dari kedua versi RuneScape akan dirilis untuk perangkat Android dan iOS pada tahun 2018. RuneScape dirilis di Steam pada 14 Oktober 2020.

Pemain memulai di area terpencil yang disebut Tutorial Island, di mana mereka diarahkan melalui tutorial, serangkaian jalan di mana mereka belajar keterampilan paling dasar dalam RuneScape. Setelah tutorial, pemain memiliki akses ke tutor dan penasihat yang berada di kota-kota yang mereka jelajahi, yang dapat memberikan informasi yang sesuai kepada pemain tentang keterampilan masing-masing.

Pemain menetapkan tujuan dan objektif mereka sendiri saat bermain game. Mereka dapat melatih keterampilan dalam permainan, melibatkan monster karakter non-pemain dan pemain lain dalam pertempuran, dan menyelesaikan misi sesuai keinginan mereka. Pemain berinteraksi satu sama lain melalui perdagangan, obrolan, atau dengan berpartisipasi dalam mini-game.

Andrew Gower mengembangkan RuneScape dengan bantuan saudaranya Paul Gower. Awalnya direncanakan sebagai MUD berbasis teks, tetapi grafik dimasukkan pada awal pengembangan, menambahkannya ke dalam jajaran yang saat itu dikenal sebagai "MUD grafis". Versi publik pertama dari permainan menggunakan campuran sprite tiga dimensi dan dua dimensi. Ini dirilis sebagai versi beta pada 4 Januari 2001, dan awalnya dioperasikan dari rumah orang tua mereka di Nottingham. Pada Desember 2001, bersama dengan Constant Tedder, saudara Gower membentuk Jagex untuk mengambil alih aspek bisnis dalam menjalankan RuneScape. Di antara inovasi awalnya, Jagex mengembangkan bahasa skrip domain khusus yang diinterpretasikan bernama RuneScript, yang digunakan oleh server RuneScape untuk penanganan acara. Pada Februari 2002, layanan keanggotaan bulanan diperkenalkan, memungkinkan akses ke fitur tambahan termasuk area baru, misi, dan item yang tidak tersedia untuk pengguna gratis.

Seiring dengan bertambahnya pengguna permainan, Jagex mulai merencanakan perubahan besar. Para pengembang menulis kembali mesin permainan, menghasilkan versi baru dari permainan dengan grafis tiga dimensi sepenuhnya yang disebut RuneScape 2. Versi beta RuneScape 2 dirilis kepada anggota berbayar untuk periode pengujian yang dimulai pada 1 Desember 2003, dan berakhir pada Maret 2004. Setelah dirilis secara resmi, RuneScape 2 berganti nama menjadi RuneScape, sementara versi lama permainan tetap online dengan nama RuneScape Classic. Pada 12 Januari 2006, Jagex melarang lebih dari 5.000 akun Classic karena curang. Untuk mencegah penipuan lebih lanjut, Classic ditutup untuk akun baru dan akses dibatasi untuk akun yang telah memainkannya setidaknya sekali antara 3 Agustus 2005 dan 12 Januari 2006. Pembukaan ulang tambahan berlangsung pada November 2009, Juni 2010, dan September 2011.

Untuk mendukung konten gratis RuneScape, iklan muncul pada banner di atas layar permainan pada server berbasis gratis. Karena pengguna komputer dapat menggunakan pemblokir iklan, yang dapat menakut-nakuti pengiklan, Jagex memperkenalkan aturan yang melarang pemain dari mem

blokir iklan tersebut. Pada 13 Juli 2006, Jagex menandatangani kontrak pemasaran dan distribusi eksklusif dengan WildTangent Games, yang memberikan WildTangent hak untuk menangani iklan di dan sekitar RuneScape di Amerika Serikat, dan untuk mendistribusikan RuneScape melalui Jaringan Permainan WildTangent, mencapai lebih dari 20 juta PC konsumen.

Pada 16 Mei 2006, Jagex meningkatkan mesin permainan RuneScape, meningkatkan waktu pemuatan permainan dan mengurangi kebutuhan memori. Pada 1 Juli 2008, Jagex merilis versi beta mode "High Detail" untuk anggota, yang diperpanjang kepada pemain gratis dua minggu kemudian. Sebelum diluncurkan, Jagex menyatakan bahwa itu akan diungkapkan di pameran dagang E3 2008.

Pada 14 Februari 2007, terjemahan Jerman dari RuneScape diperkenalkan, diikuti oleh terjemahan Prancis pada 11 Desember 2008, Portugis Brasil pada 24 Juli 2009, dan Spanyol Amerika Latin pada 25 April 2013. Dalam sebuah wawancara pada Mei 2008, mantan CEO Jagex Geoff Iddison menyatakan bahwa, "Kami berencana untuk pergi ke Timur dengan [RuneScape] ke pasar Asia dan pasar Eropa Timur juga" [...] "RuneScape bukan untuk Jepang, tetapi bisa berfungsi dengan baik di Malaysia misalnya. Dan di mana India dalam semua ini? Saya pikir RuneScape adalah permainan yang akan diadopsi di dunia berbahasa Inggris India dan dunia berbahasa India setempat. Kami sedang melihat semua pasar itu secara individu." RuneScape kemudian diluncurkan di India melalui portal game Zapak pada 8 Oktober 2009, dan di Prancis dan Jerman melalui Bigpoint Games pada 27 Mei 2010.

Pada 28 Februari 2012, fitur dalam permainan diperkenalkan yang disebut "Squeal of Fortune" yang memungkinkan pemain memenangkan item setiap hari dengan memutar roda. Pada 2 April 2012, menjadi mungkin bagi pemain untuk menghabiskan mata uang dunia nyata sebagai pertukaran untuk putaran tambahan, memperkenalkan bentuk mikrotransaksi ke permainan. CEO Jagex Mark Gerhard sebelumnya telah menggambarkan mikrotransaksi sebagai "pajak tersembunyi", dan pembaruan ini memicu keluhan dari pemain yang percaya bahwa mereka telah "dikhianati" oleh perubahan tersebut. Pada Juli 2012, Jagex merilis Solomon's General Store, membuatnya menjadi mungkin untuk menghabiskan mata uang nyata sebagai pertukaran untuk "RuneCoins" yang dapat dihabiskan untuk hadiah kosmetik dalam permainan. Pada 29 Agustus 2012, Gerhard merilis tanggapan atas kontroversi ini, menggambarkan mikrotransaksi ini sebagai "[memiliki] peran yang signifikan dalam memastikan bahwa kita dapat terus mendukung, mengembangkan, dan memperluas permainan untuk bertahun-tahun mendatang." Dia menyatakan bahwa meskipun keputusan-keputusan ini "tidak selalu populer", mereka dibuat dengan masa depan RuneScape dalam pikiran. Pada 4 Februari 2014, Squeal of Fortune digantikan dengan Treasure Hunter. Alih-alih memutar roda untuk hadiah, pemain diberi kunci yang digunakan untuk membuka kotak pilihan mereka. Pada 26 Maret 2014, Gerhard mengulangi sikapnya tentang mikrotransaksi dan pentingnya mereka dalam memperbarui RuneScape, dan mengumumkan kemitraan dengan iklan Supersonic, memungkinkan pemain untuk mendapatkan RuneCoins dengan menonton iklan atau mencoba produk.

Pada 30 Agustus 2012, Gerhard mengumumkan bahwa versi HTML5 dari RuneScape sedang dikembangkan yang akan memungkinkan permainan dimainkan di "tablet favorit Anda, platform, dan bahkan TV pintar Anda." Video yang dirilis pada 22 Maret 2013 menyatakan bahwa versi baru akan disebut RuneScape 3 dan akan menggunakan WebGL, dan akan mencakup antarmuka pengguna yang sepenuhnya dapat disesuaikan dan audio yang ditingkatkan. Versi beta tertutup dari versi HTML5 diluncurkan pada 17 April 2013, diikuti oleh versi alpha terpisah dari antarmuka baru pada 24 April. RuneScape 3 dirilis pada 22 Juli 2013.

Di RuneFest 2014, Jagex mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan klien baru untuk menggantikan versi HTML5, yang tidak pernah dirilis dari beta karena masalah kinerja. Klien baru, yang dinamai NXT, akan mencakup peningkatan waktu pemuatan, efek grafis baru, dan kinerja yang lebih baik. Beta tertutup dilakukan pada 19–22 Februari dan 18–21 Maret 2016, diikuti oleh rilis publik pada 18 April 2016.

Pada 23 Mei 2018, diumumkan bahwa karena terus-menerus terkumpulnya bug dan mesin permainan yang tidak kompatibel dengan alat dukungan modern perusahaan, server RuneScape Classic akan ditutup secara permanen pada 6 Agustus 2018. RuneScape dirilis di Steam pada 14 Oktober 2020.

Baca Juga : MAIL.RU GROUP - ALLODS ONLINE
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts