miHoYo - Honkai: Star Rail

Honkai: Star Rail (Chinese: 崩坏:星穹铁道; pinyin: Bēnghuài: Xīngqióng Tiědào; artinya 'Kolaps: Kereta Api Kubus Bintang') adalah permainan video peran gacha yang dikembangkan oleh miHoYo, diterbitkan oleh miHoYo di Tiongkok daratan dan secara global oleh Cognosphere, d/b/a HoYoverse. Ini adalah game berbasis giliran pertama dari miHoYo, menampilkan karakter utama, yang disebut "Pembuka Jalur", melakukan perjalanan melintasi dunia melalui Astral Express untuk membantu dan menghubungkan dunia-dunia sambil menyelesaikan bencana yang disebabkan oleh "Stellaron". Uji coba beta tertutup pertama diluncurkan pada 27 Oktober 2021. Itu dirilis secara publik secara internasional pada 26 April 2023, untuk Windows dan perangkat seluler; dengan versi port PlayStation 5 dirilis pada 11 Oktober 2023. Versi PlayStation 4 masih belum diumumkan, seperti yang diungkapkan dalam Summer Game Fest terbaru dengan trailer. Ini adalah seri keempat dalam seri Honkai, menggunakan karakter dari Honkai Impact 3rd dan elemen gameplay dari Genshin Impact.

Sebagian karena popularitas game sebelumnya miHoYo, Honkai Impact 3rd, game ini menerima harapan yang luas sebelum peluncurannya. Itu dinominasikan untuk Penghargaan Game Paling Diinginkan di Golden Joystick Awards tahun 2022, memenangkan Penghargaan Populer Terbaik dari World Science Fiction Game Annual Awards tahun 2023, dan Penghargaan Game Seluler Terbaik di Game Awards 2023. Honkai: Star Rail mengikuti gaya gameplay permainan peran klasik Jepang: pemain membangun barisan karakter dan mengendalikan tim hingga empat dalam pertempuran berbasis giliran. Selain berbagai statistik yang memengaruhi kekuatan karakter, setiap karakter memiliki Tipe elemen yang memengaruhi jenis kerusakan yang diberikan kepada target, kelas karakter yang disebut Path yang mendefinisikan peran tempur mereka, dan serangkaian kemampuan unik yang disebut Jejak yang digunakan dalam pertempuran. Setiap karakter dapat memperalat senjata yang disebut Light Cone, yang memiliki berbagai efek yang aktif jika Path karakter dan Light Cone cocok. Karakter juga dapat memperalat berbagai Relik, mirip dengan Artefak dalam Genshin Impact.

Elemen eksplorasi dunia terbuka dan dungeon hadir, dengan beberapa mekanik, termasuk sistem gacha, dipindahkan (dengan perbedaan kecil) dari permainan aksi RPG miHoYo sebelumnya, Genshin Impact. Kedua game adalah game gacha, di mana pemain menghabiskan mata uang dalam game yang dapat diperoleh dalam game atau dibeli dengan uang sungguhan untuk menerima karakter dan senjata baru.

Honkai: Star Rail dimulai pengembangannya pada tahun 2019 dengan tujuan "mengeksplorasi arah baru untuk seri Honkai". Tim produksi memiliki sekitar 500 orang, sebagian besar dari mereka adalah penggemar karya fiksi ilmiah dan permainan peran berbasis giliran. Proyek ini adalah upaya pertama HoYoverse dalam game mekanisme pertempuran berbasis giliran. Tim menyatakan bahwa genre ini sangat populer di pasar game dan dapat menurunkan ambang kesulitan bagi pemain untuk memulai. Dalam survei sebelumnya yang dilakukan oleh HoYoverse, banyak pemain menyatakan bahwa mereka menikmati tipe permainan ini. Ada kekhawatiran tentang apakah tipe permainan ini terlalu retro, tetapi tim produksi percaya bahwa selama kualitas permainannya menyenangkan, itu dapat menarik pemain.

Seperti karya lain dalam seri Honkai, ini tidak "terlalu ilmu fiksi". Pengaturan permainan sebelumnya, Honkai Impact 3rd, adalah Bumi, tetapi plot menyebutkan bahwa ada planet lain dalam pandangan dunia ini. Oleh karena itu, tim produksi Honkai: Star Rail memutuskan untuk memperluas konsep ini dari "alun semesta". Pengaturan dasarnya berkisar pada mengambil kereta dan melakukan perjalanan ke planet-planet utama dalam alam semesta. Produksi setiap planet dalam game ini membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Urutan produksi adalah menentukan terlebih dahulu pandangan dunia dan tema planet, kemudian membuat karakter dan informasi pengaturan yang detail, dan kemudian menulis plotnya. Desain planet "Xianzhou Luofu" didasarkan pada fantasi Asia Timur, dan telah dijelaskan sebagai "silkpunk".

Dalam hal mekanisme pertempuran, produser David Jiang mengatakan bahwa game ini mengadopsi "pertempuran berbasis perintah." Dia mengatakan bahwa judul-judul sebelumnya HoYoverse, Honkai Impact 3rd dan Genshin Impact, sangat berat dalam aspek peran bermain, tetapi mereka tidak termasuk pertempuran berbasis perintah dan berbasis giliran. Selain itu, beberapa pemain melaporkan bahwa Honkai Impact 3rd terlalu fokus pada aksi dan terlalu sulit untuk dioperasikan. Oleh karena itu, Honkai: Star Rail lebih memperhatikan strategi daripada keterampilan operasional pemain. Persona 5 menjadi inspirasi tim saat memutuskan untuk mengembangkan permainan peran berbasis giliran.

Produser David Jiang berharap bahwa Honkai: Star Rail dapat mencapai perasaan menyeluruh "seolah-olah Anda berada di dunia karya", dan menciptakan "serial animasi yang dapat dimainkan". Untuk meningkatkan imersi pemain, tim produksi mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan ke dalam pola perilaku karakter non-pemain.

Baca Juga : CCP GAMES - EVE ONLINE
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts