Ubisoft - Growtopia

Growtopia, biasa disingkat GT, adalah permainan video kotak pasir online multiplayer massal yang dikembangkan oleh Ubisoft Abu Dhabi dan sebelumnya oleh pengembang indie Robinson Technologies dan Hamumu Software. Dalam permainan ini, pemain dapat bertani, membangun dunia, berkomunikasi dengan pemain lain, dan terlibat dalam pertempuran pemain vs pemain. Permainan ini awalnya dirilis untuk Android pada November 2012, dan kemudian untuk iOS, Microsoft Windows, dan OS X pada tahun 2013. Pada tahun 2019, Growtopia juga dirilis untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One, tetapi dukungan untuk setiap konsol tersebut dihentikan pada 30 Juli 2020.

Pengembangan dan Akuisisi

Pada 28 Februari 2017, diumumkan bahwa Ubisoft mengakuisisi Growtopia, yang diselesaikan pada kuartal keempat tahun fiskal 2016-17 Ubisoft. Pengembang asli kemudian menjadi penasihat desain dan umum untuk pengembangan berkelanjutan permainan ini. Growtopia menggunakan model freemium.

Gameplay dan Fitur

Growtopia adalah permainan kotak pasir online multiplayer massal 2D yang berfokus pada gagasan bahwa sebagian besar item dalam permainan dapat ditanam dari biji yang sesuai. Permainan ini tidak memiliki tujuan akhir atau penyelesaian 100%, tetapi memiliki sistem pencapaian dan misi yang dapat diselesaikan dari karakter non-pemain (NPC).

Saat bergabung, pemain baru akan diberikan tutorial yang mengajarkan dasar-dasar permainan melalui misi yang diberikan oleh salah satu NPC. Pemain memulai dengan dua alat dasar: tinju untuk memukul dan menghancurkan blok, dan kunci inggris untuk mengedit properti blok, menambahkan pemain, dan memperdagangkan item. Pemain juga dapat mengunjungi dunia orang lain atau membuat dunia mereka sendiri, dengan setiap dunia dihasilkan secara prosedural.

Pemain ditugaskan untuk menghancurkan blok untuk mendapatkan biji, yang dapat ditanam untuk menghasilkan lebih banyak blok, atau digabungkan untuk menghasilkan jenis item baru. Pemain juga dapat mengumpulkan permata dari menghancurkan blok, memanen pohon, dan aktivitas lainnya, yang dapat digunakan untuk membeli item dari toko dalam permainan, termasuk kunci yang dapat membatasi area tertentu untuk pemiliknya. World Lock, yang dapat mengunci seluruh dunia, berfungsi sebagai mata uang resmi permainan dalam perdagangan.

Growtopia memiliki serangkaian pedoman yang harus diikuti oleh pemain, yang ditegakkan oleh pengembang dan moderator yang dapat diidentifikasi dengan prefix @ dan @. Tim pengembangan juga bertugas membantu pemain, berinteraksi dengan komunitas, dan mengumpulkan umpan balik.

Sejarah Pengembangan

Produksi Growtopia dimulai pada tahun 2012, ketika desainer Seth Robinson membuat enam screenshot mockup yang menguraikan premis permainan yang awalnya ia sebut Buildo, dan mengirimkannya kepada Mike Hommel untuk memikatnya agar membantu dalam proyek tersebut. Antarmuka pengguna permainan mulai terbentuk dengan mockup dari Hommel. Pada 22 Oktober 2012, Hommel mengunggah video ke saluran YouTube-nya yang menunjukkan perkembangan permainan sebelum dirilis.

Selama pengembangan awal, Robinson dan Hommel membawa bantuan dari komposer Cory Mollenhour untuk memproduksi soundtrack Growtopia. Setelah tiga bulan pengembangan, permainan ini dirilis di Android sebagai beta gratis pada 30 November 2012, dengan nama Growtopia. Mereka memindahkan permainan dari beta dan merilis versi penuh pada 9 Januari 2013. Permainan ini terus diperbarui sejak saat itu.

Setelah akuisisi oleh Ubisoft, tim manajemen komunitas dan moderasi Amerika Utara didirikan. Tanggung jawab pengembangan masa depan permainan ini diserahkan kepada tim Ubisoft Abu Dhabi yang terus bekerja pada Growtopia hingga sekarang.

Ketersediaan Platform

Growtopia dapat dimainkan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, OS X, iOS, dan Android. Versi iOS dirilis pada 11 Januari 2013, setelah rilis awal untuk Android pada 30 November 2012. Setelah rilis di perangkat mobile, permainan ini dibawa ke komputer; versi beta Windows dirilis pada 9 Juli 2013, dan versi OS X dirilis pada 27 Juli 2013.

Growtopia tersedia untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One dari 18 Juli 2019 hingga 30 Juli 2020, sebelum dihentikan untuk mengalokasikan semua sumber daya kembali untuk mendukung versi Mobile dan PC. Keputusan untuk menghentikan semua dukungan konsol diumumkan pada 27 April 2020, setelah pengumuman sebelumnya pada 19 Januari 2020, yang memberi tahu komunitas bahwa tidak akan ada lagi pembaruan besar atau acara tahunan untuk platform konsol, karena tim mereka memiliki sumber daya yang terbatas.

Tanggapan dan Ulasan

Growtopia menerima ulasan "bercampur atau rata-rata" dari kritikus menurut agregator ulasan GameRankings. Jay Is Games menggambarkan permainan ini sebagai "sederhana dan mudah untuk bekerja di platform mobile (dan menyenangkan bagi anak-anak), tetapi dengan cukup ruang untuk kustomisasi dan sosialisasi". 148Apps memberikan permainan ini skor 4/5, mengatakan "mekanik crafting-nya unik". Peter Willington dari Pocket Gamer memberi skor 6 dari 10, mengkritik desain antarmuka pengguna dan karakter. TouchArcade menulis "Dengan permainan online seperti ini yang berlangsung di dunia yang persisten di mana semua orang dapat berinteraksi, Anda pasti akan mendapatkan beberapa orang yang mencoba menghancurkan sesuatu dan umumnya membuat hidup sulit bagi orang lain".

Baca Juga : KURO GAMES - WUTHERING WAVES
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts