Ubisoft - Tom Clancy's Rainbow Six Siege

Tom Clancy's Rainbow Six Siege adalah permainan video penembak taktis daring yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan oleh Ubisoft. Permainan ini dirilis secara global untuk PlayStation 4, Windows, dan Xbox One pada 1 Desember 2015; permainan ini juga dirilis untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X/S tepat lima tahun kemudian pada 1 Desember 2020. Permainan ini mendapatkan port untuk Google Stadia pada 30 Juni 2021, dan untuk Amazon Luna pada Januari 2022. Permainan ini menekankan penghancuran lingkungan dan kerja sama antar pemain. Setiap pemain mengendalikan penyerang atau pembela dalam berbagai mode permainan seperti menyelamatkan sandera, menjinakkan bom, dan mengambil alih sebuah objektif dalam sebuah ruangan. Permainan ini tidak memiliki kampanye tetapi menampilkan serangkaian misi singkat, offline yang disebut "situasi" yang bisa dimainkan secara solo. Misi-misi ini memiliki narasi yang longgar, berfokus pada rekrutmen yang menjalani pelatihan untuk mempersiapkan mereka menghadapi kelompok teroris "White Masks" yang mengancam keselamatan dunia.

Siege adalah entri dalam seri Rainbow Six dan penerus dari Tom Clancy's Rainbow 6: Patriots, sebuah permainan penembak taktis yang lebih berfokus pada narasi. Setelah Patriots akhirnya dibatalkan karena kekurangan teknisnya, Ubisoft memutuskan untuk menghidupkan kembali franchise ini. Tim mengevaluasi inti dari franchise Rainbow Six dan percaya bahwa membiarkan pemain menjadi operator anti-teroris terbaik di dunia adalah yang paling sesuai untuk permainan ini. Untuk menciptakan situasi pengepungan yang otentik, tim berkonsultasi dengan unit anti-terorisme sebenarnya dan melihat contoh nyata pengepungan seperti pengepungan Kedutaan Besar Iran tahun 1980. Ditenagai oleh AnvilNext 2.0, permainan ini juga menggunakan teknologi RealBlast dari Ubisoft untuk menciptakan lingkungan yang dapat dihancurkan.

Permainan ini menerima ulasan positif secara keseluruhan dari kritikus, dengan pujian terutama diarahkan pada multiplayer yang tegang dan fokus pada taktik. Namun, permainan ini dikritik karena sistem progresi dan kurangnya konten. Penjualan awal lemah, tetapi basis pemain permainan ini meningkat secara signifikan karena Ubisoft mengadopsi model "permainan sebagai layanan" untuk permainan ini dan kemudian merilis beberapa paket konten yang dapat diunduh secara gratis. Beberapa tahun setelah rilis permainan, beberapa kritikus menganggap Siege sebagai salah satu permainan multiplayer terbaik di pasar modern karena peningkatan yang dibawa oleh pembaruan pasca peluncuran. Perusahaan ini bermitra dengan ESL untuk menjadikan Siege sebagai permainan esports. Pada Desember 2020, permainan ini melampaui 70 juta pemain terdaftar di semua platform. Rainbow Six Extraction, sebuah permainan spin-off yang menampilkan karakter Siege, dirilis pada Januari 2022.

Tom Clancy's Rainbow Six Siege adalah permainan penembak orang pertama, di mana pemain menggunakan banyak operator berbeda dari tim Rainbow. Operator yang berbeda memiliki kewarganegaraan, senjata, dan gadget yang berbeda. Permainan ini memiliki struktur asimetris di mana tim tidak selalu seimbang dalam pilihan kemampuan mereka. Unit Kontra-Terorisme (CTU) dasar yang tersedia untuk dimainkan adalah Tim Penyelamatan Sandera Amerika (disebut dalam permainan sebagai FBI SWAT), SAS Inggris, GSG-9 Jerman, Spetsnaz Rusia dan GIGN Prancis, masing-masing memiliki empat operator per unit yang dibagi antara penyerang dan pembela (unit lain ditambahkan melalui konten yang dapat diunduh). Pemain juga memiliki akses ke operator "Recruit" yang dapat memilih dari beragam peralatan yang lebih fleksibel dengan mengorbankan memiliki gadget unik atau kemampuan untuk menyesuaikan senjata mereka. Pemain dapat memilih operator dari unit manapun yang sedang bertahan atau menyerang sebelum ronde dimulai, memilih titik awal serta lampiran pada senjata mereka tetapi tidak diizinkan mengubah pilihan mereka setelah ronde dimulai. Toko dalam permainan memungkinkan pemain membeli operator atau kosmetik menggunakan mata uang dalam permainan, "Renown", yang diperoleh di akhir pertandingan dari tindakan yang dilakukan dalam permainan. Mode permainan yang berbeda memberikan renown pada tingkat yang berbeda, dengan pertandingan peringkat menawarkan potensi pengganda renown terbesar per pertandingan. Pemain juga dapat menyelesaikan "tantangan" dalam permainan untuk mendapatkan sejumlah kecil renown. Tingkat perolehan renown juga dapat dipengaruhi dengan menggunakan "booster" dalam permainan yang memberikan pemain peningkatan pada semua renown yang diperoleh untuk durasi yang berbeda, dimulai dengan 24 jam. Mata uang premium yang dikenal sebagai "R6 credits" juga dapat dibeli menggunakan mata uang dunia nyata untuk mendapatkan operator lebih cepat dalam permainan, atau item kosmetik lainnya, seperti skin senjata atau operator.

Ketika ronde dimulai dalam pertandingan daring, para penyerang memilih salah satu dari beberapa titik awal untuk meluncurkan serangan mereka sementara pembela melakukan hal yang sama untuk bertahan. Periode persiapan selama satu menit kemudian dimulai di mana para penyerang mengendalikan drone beroda mecanum untuk mengintai peta dalam mencari operator musuh, jebakan, dan pengaturan pertahanan selain tujuan target, sementara para pembela mendirikan pertahanan mereka dan didorong untuk melakukannya tanpa detail pertahanan dan target tujuan ditemukan, terutama dengan menghancurkan drone. Peta dalam permainan dirancang untuk mendorong pertempuran jarak dekat, dan pemain tidak dapat respawn sampai akhir ronde. Pemain yang terbunuh oleh lawan dapat memasuki "Mode Dukungan", yang memungkinkan mereka mengakses kamera drone dan kamera keamanan sehingga mereka dapat terus berkontribusi untuk tim mereka dengan memberi tahu lokasi dan aktivitas lawan. Pertandingan hanya berlangsung empat menit untuk kasual dan tiga menit untuk peringkat. Kerja tim dan kerjasama sangat dianjurkan dalam Siege, dan pemain perlu memanfaatkan kemampuan mereka yang berbeda untuk menyelesaikan tujuan dan mengalahkan tim musuh. Komunikasi antar pemain juga sangat dianjurkan. Permainan ini juga memiliki mode penonton, yang memungkinkan pemain untuk mengamati pertandingan dari berbagai sudut.

Permainan ini menekankan penghancuran lingkungan yang berat menggunakan sistem penghancuran prosedural. Pemain dapat menghancurkan struktur dengan menanam bahan peledak di atasnya, atau menembak dinding untuk membuat lubang peluru. Pemain dapat memperoleh keuntungan taktis melalui penghancuran lingkungan, dan sistem ini bertujuan untuk mendorong pemain memanfaatkan kreativitas dan strategi. Sistem penetrasi peluru ditampilkan, di mana peluru yang melewati struktur menyebabkan kerusakan lebih sedikit pada musuh. Selain penghancuran, pemain di tim pembela juga dapat memasang sejumlah fortifikasi berat pada dinding dan perisai yang dapat dipasang di sekitar mereka untuk perlindungan; ini dapat dihancurkan melalui perangkat pembobolan, bahan peledak, atau dengan memanfaatkan gadget khusus operator dalam kasus yang pertama. Untuk menghentikan kemajuan penyerang, pembela dapat memasang jebakan seperti kawat berduri dan jebakan kawat laser peledak di sekitar peta. Ruang vertikal adalah elemen permainan utama dalam peta permainan: pemain dapat menghancurkan langit-langit dan lantai menggunakan bahan peledak dan dapat menyergap musuh dengan merapatkan tali melalui jendela. Senjata kuat seperti granat dan bahan peledak pembobol sangat berharga, karena hanya sejumlah terbatas yang dapat digunakan dalam satu ronde.

Mode

Pada peluncuran, permainan ini menampilkan 11 peta dan 5 mode permainan berbeda yang mencakup PVE dan PVP. Dengan konten yang dapat diunduh (DLC) yang dirilis setelah peluncuran dengan tambahan empat peta dari tahun pertama dan tiga peta dari tahun kedua - saat ini ada 20 peta yang dapat dimainkan. Mode permainan yang ditampilkan termasuk:

Hostage: mode multiplayer non-kompetitif, di mana penyerang harus mengekstraksi sandera dari pembela, sementara pembela harus mencegah hal itu terjadi baik dengan mengeliminasi seluruh tim penyerang atau berhasil mempertahankan sandera sampai waktu habis. Cara sekunder untuk menang dapat terjadi jika tim penyerang atau pembela secara tidak sengaja merusak sandera, menyebabkan sandera "jatuh"; jika tim lawan dapat mencegah pemulihan sandera, dan sandera berdarah dan mati, mereka akan memenangkan ronde.

Bomb: mode multiplayer kompetitif, di mana penyerang ditugaskan untuk menemukan dan menjinakkan salah satu dari dua bom. Pembela harus menghentikan penyerang dengan membunuh semua penyerang atau menghancurkan alat penjinak. Jika semua penyerang terbunuh setelah alat penjinak dipasang, alat penjinak masih harus dihancurkan untuk kemenangan pembela.

Secure Area: mode multiplayer non-kompetitif, di mana pembela harus melindungi sebuah ruangan dengan kontainer biohazard, sementara penyerang harus berjuang untuk masuk dan mengamankannya. Pertandingan berakhir ketika semua pemain dari satu tim terbunuh atau kontainer biohazard diamankan oleh penyerang ketika tidak ada pembela di dalam ruangan.

Tactical Realism: variasi dari mode multiplayer kompetitif standar, ditambahkan dengan rilis DLC Operation Skull Rain. Mode permainan ini menekankan realisme dan kerja tim yang lebih berat, menghilangkan sebagian besar elemen heads-up display (HUD), kemampuan untuk menandai lawan, dan kemampuan untuk melihat kontur rekan satu tim melalui dinding, sementara juga menampilkan sistem manajemen amunisi yang realistis. Mode ini tidak lagi ada dalam permainan tetapi beberapa aspeknya ada di mode multiplayer lainnya.

Training grounds: mode multiplayer solo atau kooperatif untuk hingga lima pemain. Pemain mengambil peran sebagai penyerang atau pembela, dan harus melawan gelombang musuh yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan dalam berbagai mode seperti Bomb, Hostage, atau Elimination.

Situations: serangkaian misi solo pemain tunggal dan 1 misi multiplayer co-op yang berusaha menjadi pengantar dan tutorial interaktif untuk mekanik permainan.

Outbreak: Acara waktu terbatas eksklusif untuk Operation Chimera, Outbreak menempatkan tim 3 pemain dalam lingkungan PVE kooperatif melawan ancaman biohazard ekstraterestrial, yaitu bentuk manusia yang terinfeksi oleh parasit alien. Dua kesulitan ada untuk mode ini, di mana perbedaan utamanya adalah adanya friendly fire pada yang lebih sulit.

Arcade: Acara waktu terbatas acak yang memodifikasi elemen dari mode yang ada dan dalam skala yang lebih kecil dibandingkan dengan mode permainan musiman, ini termasuk acara Golden Gun.

Seasonal Events: Acara waktu terbatas yang tersedia untuk satu musim. Ini biasanya mode permainan skala besar yang sepenuhnya unik dari mode permainan Bomb, Secure Area, atau Hostage reguler.

Baca Juga :  ARCHOSAUR GAMES - NOAH'S HEART
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts