Gravity Interactive - Dragon Saga


Dragon Saga (Korean: 드래곤사가), sebelumnya dikenal sebagai Dragonica sebelum tahun 2010, adalah permainan peran daring multipemain massal berjenis side-scrolling 3D yang dapat dimainkan secara gratis, yang dikembangkan oleh Barunson Interactive dan Gravity Interactive. Pengembangan permainan ini dimulai sejak Maret 2006. Operasi Dragon Saga dipegang oleh penerbit yang berbeda-beda di wilayah masing-masing. Meskipun gratis untuk dimainkan, permainan ini juga menyertakan toko uang tunai yang memungkinkan untuk kustomisasi unik karakter pemain.

Peluncuran komersial permainan ini dilakukan pada Juni 2009 di Tiongkok, Oktober di Eropa, dan Oktober 2010 di Amerika Utara. Karakter-karakter yang dibuat selama uji coba beta terbuka dapat dipindahkan ke versi komersial.

Enam ekspansi konten telah dirilis untuk permainan ini, semuanya gratis. Misalnya, Tales of the Damned dirilis pada 16 Oktober 2009, dan Awakening of the Ice Dragon pada 15 Februari 2011, keduanya dirilis di Amerika Utara.

Dragon Saga berlangsung di benua El Grego dan Angrakka (Elyades dan Melanthos di Eropa), yang pernah mengalami zaman keemasan di mana manusia dan naga hidup berdampingan dalam perdamaian. Namun, masa ini tidak berlangsung lama, dan akhirnya terjadi perang antara naga dan manusia yang dikenal sebagai Era Naga. Akhirnya, para naga diusir ke dunia kuno bernama Aether. Pemimpin naga, Dark Dragon Elga, terus melancarkan serangan, tetapi berhasil dikalahkan dan dipenjarakan oleh lima pahlawan legendaris dalam sebuah penjara yang dikenal sebagai Kabinet Bayangan.

Namun, bahkan Kabinet Bayangan tidak dapat menahan Elga selamanya. Seribu tahun setelah dipenjarakan, Elga menemukan cara untuk melepaskan kegelapan dalam dirinya ke dunia, mengirimkan pasukan untuk menyerang tanah-tanah sebagai persiapan untuk kedatangannya. Para pemain berperan untuk mengambil senjata dan menghalau kekuatan gelap ini.

Pemain mengontrol karakter dalam bidang tiga dimensi, dengan fokus pergerakan utama pada sumbu horizontal dan gerakan vertikal yang terbatas, mirip dengan gaya side-scrolling klasik di arcade. Saat ini, pemain dapat naik level hingga 75 di rilis Amerika Utara, dengan level maksimum mencapai 80 di server di Asia.

Pertempuran didasarkan pada aksi yang dilakukan secara real-time dengan menggunakan serangkaian keterampilan khusus yang memiliki waktu pemulihan. Pemain juga dapat melakukan serangan combo di tanah dan udara dengan menggunakan keterampilan tertentu untuk membuat musuh tidak bisa membalas, serta dapat berperan sebagai penyembuh atau pendukung ketika diperlukan.

Permainan ini juga menawarkan sejumlah besar misi dan skenario yang dapat diselesaikan secara kooperatif dengan pemain lainnya. Setiap dungeon memiliki satu hingga empat mode terpisah untuk kemajuan, masing-masing meningkatkan tingkat kesulitan dan tidak dapat diakses sampai instansi sebelumnya telah diselesaikan. Di ujung setiap urutan misi adalah skenario yang memajukan karakter Anda ke tahap berikutnya dalam permainan.

Pada awal permainan, pemain dapat memilih salah satu dari enam kelas dasar dan meningkatkan level untuk maju ke spesialisasi yang lebih dalam dengan lebih banyak kemampuan dan keterampilan. Enam kelas awal tersebut adalah prajurit, pencuri, pemanah, penyihir, pemanggil, dan petarung kembar. Setiap kelas memiliki pohon keterampilan yang beragam di mana pemain dapat menempatkan poin untuk mendapatkan keterampilan baru atau meningkatkan yang sudah dimiliki.

Dragon Saga juga menampilkan instansi yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan akses ke item, pengalaman, dan mata uang, serta untuk memajukan alur cerita keseluruhan dalam permainan. Instansi-instansi ini dikenal sebagai "misi" dan harus diselesaikan secara berurutan untuk membuka skenario terakhir yang memajukan plot. Setiap langkah dalam misi tersebut menjadi lebih sulit dari sebelumnya dan seringkali memerlukan kelompok untuk menyelesaikannya.

Misi-misi ini sering kali terdiri dari empat mode misi utama (yang meningkat dalam tingkat kesulitannya) dan skenario kelima (yang terbuka setelah mode sebelumnya telah diselesaikan). Setiap langkah dalam misi juga dilengkapi dengan sistem penilaian yang mencoba menilai pemain berdasarkan bagaimana mereka telah tampil selama langkah tersebut. Sistem penilaian memungkinkan pemain untuk mendapatkan barang jarahan dengan kualitas dan kuantitas yang lebih tinggi berdasarkan kinerja individu dan kontribusi kelompok.

Pemain sering kali dikirim ke misi-misi ini untuk menyelesaikan quest penting, seperti yang diperlukan untuk mengubah kelas. Meskipun banyak dari misi-misi ini dapat diselesaikan sendirian, manfaat dari menyelesaikannya bersama dengan orang lain jauh lebih besar dibandingkan dengan menghadapinya sendiri. Pemain dalam kelompok mendapatkan pengalaman bonus, dan dengan komposisi kelompok yang tepat, akan lebih mudah untuk maju dalam permainan.

Dragon Saga adalah kombinasi unik dari aksi real-time, eksplorasi dunia yang luas, dan kerjasama antar pemain yang intens. Dengan berbagai kelas yang dapat dimainkan, misi-misi yang menantang, dan kisah yang mendalam, permainan ini terus menarik minat pemain di seluruh dunia. Jika Anda mencari petualangan yang seru dengan elemen-elemen khas dari game peran daring, Dragon Saga mungkin adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca Juga : DEVCAT - VINDICTUS
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts