Indie Subset Games - Into The Breach

Into the Breach adalah permainan video strategi berbasis giliran yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio indie Subset Games, yang terdiri dari Justin Ma dan Matthew Davis. Into the Breach adalah permainan kedua mereka, setelah FTL: Faster Than Light. Ini menampilkan tulisan oleh Chris Avellone dan musik yang dikomposisikan oleh Ben Prunty. Permainan ini dirilis untuk Microsoft Windows pada Februari 2018, untuk macOS dan Nintendo Switch pada Agustus 2018, dan untuk Linux pada April 2020. Versi untuk perangkat mobile iOS dan Android diterbitkan oleh Netflix pada Juli 2022.

Into the Breach berlatar di masa depan yang jauh di mana umat manusia berperang melawan pasukan monster raksasa yang secara kolektif disebut sebagai Vek. Untuk melawannya, pemain mengendalikan prajurit yang mengoperasikan mecha raksasa yang dapat dilengkapi dengan berbagai senjata, baju besi, dan peralatan lainnya. Permainan ini menggunakan sistem pertempuran berbasis giliran, memungkinkan pemain untuk mengkoordinasikan tindakan tim mereka sebagai respons terhadap gerakan musuh dan tindakan yang bertujuan untuk memberi peringatan tentang serangan mereka.

Dalam pertempuran, pemain mengendalikan tiga mecha berbeda melawan Vek, dan akan diberikan sebuah tujuan untuk peta tersebut bersama dengan jumlah giliran tetap untuk menyelesaikan tujuan tersebut. Tujuan utama untuk setiap peta adalah melindungi struktur sipil yang mendukung jaringan listrik yang mendukung mecha, tetapi tujuan tambahan mungkin juga diberikan. Pada setiap giliran, pasukan Vek akan bergerak di seluruh papan dan menyerang. Pemain diberikan arah serangan yang dituju oleh unit Vek dan informasi tentang jumlah langkah yang dapat diambil oleh unit Vek dan sisa kesehatannya tersedia di layar. Penampilan Vek baru mengikuti setiap giliran. Hal ini memberikan pemain kemampuan untuk kemudian memindahkan setiap mecha dan menembakkan salah satu senjatanya untuk entah mengalahkan unit Vek, mendorong Vek dari jalur serangan, menghindari serangan, mencegat Vek yang baru muncul atau serangan terhadap struktur sipil. Mecha hanya dapat menerima jumlah kerusakan yang terbatas selama pertempuran sebelum menjadi tidak dapat digunakan, meskipun pemain dapat membuat mecha tidak melakukan apa-apa selama satu giliran untuk memperbaiki beberapa kerusakan; kerusakan pertempuran sebaliknya sepenuhnya diperbaiki antara peta. Pilot mecha yang berhasil mengalahkan Vek mendapatkan poin pengalaman, yang dapat digunakan untuk membuka keterampilan baru. Gameplay Into the Breach telah dibandingkan dengan catur, karena lebih tentang mempertahankan kontrol posisi dan mengorbankan unit untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar; perbandingan ini lebih diperkuat oleh struktur grid dari skenario pertempuran, di mana pertarungan dibagi menjadi persegi 8x8.

Seperti halnya FTL, permainan ini dibagi menjadi serangkaian pulau yang masing-masing memiliki sejumlah skenario (berdasarkan sektor pulau) untuk diselesaikan; sementara pulau tetap sama setiap permainan, skenario itu sendiri dihasilkan secara prosedural secara roguelike. Setelah menyelesaikan pulau pertama, pemain diberikan pilihan untuk melindungi pulau mana dalam urutan selanjutnya; pulau memiliki berbagai kondisi yang dapat memengaruhi skenario pertempuran, dan kondisi yang lebih berbahaya dapat mendapatkan imbalan yang lebih besar dari menyelesaikan skenario pada setiap pulau. Jika pemain kalah dalam skenario apa pun, baik karena ketiga mecha mereka menjadi tidak aktif, kehilangan jaringan listrik mereka, atau gagal melindungi target tertentu untuk skenario itu, maka pemain memiliki opsi untuk mengirim salah satu pilot kembali ke masa sebelum awal misi pertama - efektif memulai permainan baru - mempertahankan pengalaman dan kemampuan mereka saat ini untuk memberikan keuntungan dalam pertempuran berikutnya. Reviewer untuk situs web Rock Paper Shotgun menggambarkan gameplay sebagai campuran antara Pacific Rim dan Edge of Tomorrow karena elemen perjalanan waktu. Peningkatan permanen lainnya, seperti pilot baru atau set mecha, menjadi tersedia saat pemain menyelesaikan berbagai tonggak.

Baca Juga : BITGATE LIMITED - CURSE OF AROS
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts