Novaquark - Dual Universe

Dual Universe adalah permainan peran daring multipemain besar bertema simulasi luar angkasa yang dikembangkan oleh studio pengembangan permainan berbasis Paris, Novaquark.

Dikabarkan menggabungkan elemen dari Eve Online dan Star Citizen, serta Minecraft, No Man's Sky, dan Space Engineers. Permainan ini berlangsung di alam semesta yang terus-menerus dalam satu shard, di mana pemain dapat sepenuhnya mengedit lingkungan dengan membangun struktur dan mengubah medan, serta memiliki kemampuan untuk menulis skrip komponen-komponen dalam pesawat dan objek yang dibuat oleh pemain lainnya. Fokus utama juga ditempatkan pada memungkinkan permainan sosial yang melibatkan eksplorasi, penambangan asteroid, pembuatan, perdagangan, politik, dan peperangan.

Permainan ini bergantung pada teknologi server yang Novaquark sebut sebagai CSSC (Continuous Single-Shard Cluster), yang memungkinkan semua pemain untuk bermain secara bersamaan dalam satu alam semesta tanpa perlu menginstansikan zona pemain atau layar muat. Cerita latar belakang permainan dimulai pada tahun 2027, dengan penemuan sebuah bintang neutron yang menuju ke sistem tata surya Bumi.

Peradaban manusia memiliki 498 tahun untuk mengembangkan rencana untuk meninggalkan Bumi dan menemukan planet baru untuk dihuni, dan setelah berabad-abad penelitian dan pengembangan, beberapa Arkships (kapal luar angkasa sangat besar dan tangguh) dibangun untuk membawa jutaan penumpang dalam tidur beku ke ujung galaksi Bima Sakti.

Pada tahun 2510, Arkship pertama mulai melarikan diri dari Bumi menuju berbagai area galaksi. Saat Arkship melakukan perjalanan menuju tujuan akhir mereka, bintang neutron yang ditemukan pada tahun 2027 menghancurkan sistem surya Bumi dan semua planet di dalamnya. Pada tahun 12477, salah satu Arkship, Novark, tiba di planet Alioth yang mirip Bumi dan menancapkan dirinya kuat ke dalam tanah. Dari Novark inilah semua pemain akan memasuki permainan untuk pertama kalinya.

Permainan ini berlangsung di "alam semesta tunggal yang berkelanjutan, tak terbagi" dan dimainkan secara orang pertama. Ini dibangun di atas teknologi yang disebut "CSSC" (Continuous Single-Shard Cluster), di mana semua pemain berinteraksi dalam satu dunia. Ini tidak melibatkan server terpisah, layar muat, atau instans, seperti halnya dengan MMO lainnya. Ini menggunakan mesin render Unigine 2 64-bit.

Dual Universe menawarkan potensi planet yang hampir tak terbatas yang dihasilkan secara prosedural, yang disediakan oleh mesin internal Novaquark. Dunia permainan ini dirancang untuk menjadi pengalaman "terbuka dan sepenuhnya dapat dimodifikasi" yang dibagikan oleh semua pemain secara bersamaan. Tidak ada karakter NPC atau makhluk AI, jadi akan menjadi tugas PvP untuk menyediakan aksi bagi pemain. Sebagai permainan sandbox, pemain dapat mengubah dunia permainan dalam aspek fisik, politik, dan ekonomi. Mereka dapat membangun kapal, rumah, stasiun luar angkasa, serta kota secara bebas. Pada saat yang sama, mereka dapat memilih untuk berkolaborasi dalam pengembangan sistem politik dan ekonomi, serta melakukan perang (misalnya, mencuri sumber daya dengan kekerasan) dan dengan demikian mengubah keseimbangan kekuatan. Menurut Jean-Christophe Baillie: "Kami tidak membuat konten; pemain yang melakukannya."

Inti dari permainan ini adalah kemampuan untuk menghapus (atau menambah) materi ke lanskap untuk mengumpulkan sumber daya mineral mentah, yang harus diolah untuk digunakan dalam berbagai resep pembuatan. Kemampuan untuk memodifikasi dunia permainan didasarkan pada dasar voxels sebesar 25 sentimeter, memberikan sifat kotak pasirnya dari sudut pandang fisik. Pemain juga dapat membuat dan memanipulasi apa pun di dunianya, mulai dari objek kecil seperti senjata hingga kota dan struktur besar. Pemain juga dapat membangun stasiun luar angkasa.

Sistem otonom permainan (seperti mesin atau konsol komputer) bergantung pada konsumsi energi dan koneksi antar mesin, dan dapat diatur oleh pemain menggunakan bahasa pemrograman Lua. Pemain juga akan dapat mengelola fungsi kapal mereka, seperti navigasi atau sistem senjata, dengan mengubah unit pengendali menggunakan Lua.

Karena permainan ini dirancang secara eksklusif untuk multipemain, pemain dapat mengambil dan mengkhususkan diri dalam berbagai tugas yang mungkin terbukti berharga, seperti membangun, menambang, perampokan, konstruksi, dll. Banyak peran lain diharapkan muncul terutama dari interaksi saling pemain. Novaquark menyatakan "ideologi, kekuatan, gagasan, dan permainan" akan semua berperan dalam rilis akhir.

Ekonomi permainan dilaporkan dipengaruhi oleh interaksi pemain. Pertukaran barang yang telah dikumpulkan diatur oleh ekonomi pasar. Seorang pemain akan dapat membangun sebuah perusahaan dan melakukan pemasaran dan logistik, di antara kegiatan sandbox lainnya.

Novaquark dibentuk pada tahun 2014 dengan mantan karyawan Ubisoft, Sony, Apple, dan Aldebaran Robotics. Jean-Christophe Baillie, CEO Novaquark asli, mengklaim telah memulai ide untuk Dual Universe pada tahun 2011.

Permainan ini diumumkan pada Mei 2016 dalam keadaan pra-alpha, dengan rilis trailer teaser singkat setelah E3. Permainan ini memasuki tahap alpha tertutup pada September 2017, dengan rencana jalan pengembangan yang diperbarui direncanakan akan dirilis pada musim panas 2018.

Situs komunitas untuk permainan diluncurkan pada Juli 2016, memungkinkan pemain membentuk organisasi.

Pendanaan permainan sebagian berasal dari kampanye Kickstarter, yang selesai pada Oktober 2016, yang mengamankan €565,983 dari lebih dari 8000 pendukung selain beberapa investor tahap awal.

Per Mei 2018, permainan telah berada dalam pembekuan fitur untuk fokus pada stabilitas server dan klien, hingga akhir bulan ketika versi baru direncanakan akan dirilis yang akan memperkenalkan pemindaian dan penambangan sumber daya, perdagangan, dan penyegaran mekanika pilot. Per Agustus 2020, permainan ini resmi memasuki tahap Beta.

Baca Juga : RICARDOGZZ - RUCOY ONLINE - MMORPG
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts