Team Bloodlust - Blade & Soul

Blade & Soul adalah MMORPG Korea yang dikembangkan oleh Team Bloodlust, sebuah divisi dari NCsoft. Pada 13 September 2012, NCsoft mengumumkan bahwa Blade & Soul akan dirilis di wilayah barat suatu hari nanti, yang kemudian terjadi pada 19 Januari 2016. Sebuah adaptasi anime oleh studio Jepang Gonzo mulai ditayangkan pada 3 April 2014 di TBS, MBS, CBC, dan stasiun lainnya.

Blade & Soul menampilkan pertempuran yang terinspirasi dari seni bela diri Tiongkok, dengan konsep qinggong, dalam dunia terbuka. Pemain menciptakan karakter untuk menjelajahi dunia dengan menyelesaikan misi yang diberikan oleh berbagai NPC. Permainan ini menggunakan sistem pertempuran real-time dengan kamera orang ketiga dan mengharuskan karakter melakukan "combos", serangkaian serangan berturut-turut, seperti kebanyakan game sejenisnya. Menurut NCsoft, permainan ini memperkenalkan mekanika inovatif "Downed", yang memungkinkan karakter untuk pulih dari tepi kematian. Pemain memulai dengan lingkungan PvE (Player versus Environment), tetapi harus terlibat dalam pertempuran PvP (Player versus Player) seiring dengan kemajuan dalam permainan.

Menurut pengembangnya, Blade & Soul menawarkan sistem yang sangat dapat disesuaikan dan NPC dalam permainan ini dibuat menggunakan sistem penciptaan karakter ini. Pembuat karakter ini mencakup akses ke gaya rambut, struktur wajah, warna mata, tinggi, dan bentuk tubuh.

Karakter dapat memilih salah satu dari empat ras yang dapat dimainkan, berdasarkan empat hewan baik dari budaya Tiongkok: Gon, Jin, Kun (Yun), dan Lyn.

Beberapa minggu sebelum NCmedia Day, NCsoft mengumumkan MMORPG baru yang dibuat dengan Unreal Engine 3 yang hanya dikenal dengan nama kode Project [M]. Dua minggu kemudian, situs web tersebut diperbarui untuk mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang proyek ini.

Pada E3 2007, Sony mengumumkan bahwa mereka telah memasuki kesepakatan eksklusif dengan NCsoft untuk memproduksi judul-judul baru mereka secara eksklusif untuk PlayStation 3. Kesepakatan ini mencakup judul dari dua properti intelektual NCsoft.

Pada Februari 2010, diumumkan bahwa baik Blade & Soul maupun Guild Wars 2 sedang dikembangkan untuk dirilis di PlayStation 3 dan Xbox 360. Namun, sejak saat itu tidak ada pembaruan lebih lanjut tentang pengembangan game ini untuk konsol-konsol tersebut.

Beta tertutup pertama dijadwalkan pada 27 April 2011, sementara beta terbuka dan peluncuran resmi akan ditentukan dalam tahun yang sama.

Pada Juli 2011, Tencent memperoleh hak publikasi Blade & Soul di Tiongkok, dan membuat penampilan pertamanya di ChinaJoy 2011. Blade & Soul dirilis di Tiongkok pada 23 November 2013, dengan beta terbuka yang lancar berlanjut menjadi peluncuran resmi.

Beta tertutup kedua dijadwalkan antara 29 Agustus hingga 10 September 2011. Di versi ini, kelas Assasin bisa dimainkan untuk pertama kalinya.

Setelah beta terbuka pada 21 Juni 2012 dengan rekor 150.000 pemain, NCsoft mengonfirmasi bahwa peluncuran resmi Blade & Soul di Korea Selatan akan dilakukan pada 30 Juni 2012.

Pada tahun 2013, Kim Hyung-tae menyatakan bahwa versi bahasa Inggris dari permainan ini akan diterbitkan suatu hari nanti, dan pada 2014, setelah peluncuran komersial di Tiongkok, adaptasi anime dari permainan video ini diumumkan.

Pada 20 Mei 2015, diumumkan bahwa Blade & Soul akan dirilis di Amerika Utara dan Eropa pada musim dingin tahun tersebut, dan beta tertutup dimulai secara resmi pada 29 Oktober, berakhir pada 21 Desember 2015.

Peluncuran resmi server-server di Amerika Utara dan Eropa akhirnya dilakukan pada 19 Januari 2016.

Adaptasi anime dari permainan ini diproduksi dan mulai ditayangkan pada 3 April 2014, disutradarai oleh Hiroshi Hamasaki dan Hiroshi Takeuchi di studio Gonzo, dengan skenario oleh Atsuhiro Tomioka. Eri Nagata mengadaptasi desain karakter oleh Kim Hyung-tae untuk animasi dan juga bertindak sebagai direktur animasi utama. Cerita asli mengikuti seorang pedangdut bernama Alka yang melakukan perjalanan dengan tujuan membalas kematian gurunya. Lagu pembuka anime ini adalah "Sayonara Usotsuki" oleh MimimemeMIMI, sementara lagu penutupnya adalah "Rainbow" oleh Lego Big Morl. Seri ini disiarkan oleh Crunchyroll di wilayah barat.

Baca Juga : STUDIO KOREA 8 - ASTELLIA ONLINE
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts