Ubisoft - EverQuest

EverQuest adalah permainan role-playing online multipemain masif (MMORPG) bertema fantasi 3D yang awalnya dikembangkan oleh Verant Interactive dan 989 Studios untuk PC Windows. Permainan ini dirilis oleh Sony Online Entertainment pada Maret 1999 di Amerika Utara, dan oleh Ubisoft di Eropa pada April 2000. Versi khusus untuk Mac OS X dirilis pada Juni 2003, yang beroperasi selama sepuluh tahun sebelum ditutup pada November 2013. Pada Juni 2000, Verant Interactive diakuisisi oleh Sony Online Entertainment, yang mengambil alih sepenuhnya tugas pengembangan dan penerbitan judul ini. Kemudian, pada Februari 2015, perusahaan induk SOE, Sony Computer Entertainment, menjual studio ini kepada perusahaan investasi Columbus Nova dan diubah namanya menjadi Daybreak Game Company, yang terus mengembangkan dan menerbitkan EverQuest.

Ini adalah MMORPG pertama yang sukses secara komersial menggunakan mesin permainan 3D, dan kesuksesannya berada pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. EverQuest telah memiliki pengaruh yang luas pada rilis-rilis berikutnya di pasar, dan memegang posisi penting dalam sejarah permainan online multipemain masif.

Permainan ini melampaui ekspektasi langganan awal dan meningkat popularitasnya selama bertahun-tahun setelah dirilis. Sekarang dianggap sebagai salah satu permainan video terbaik yang pernah dibuat. Permainan ini telah menerima banyak penghargaan, termasuk Game of the Year dari GameSpot pada tahun 1999 dan Technology & Engineering Emmy Award pada tahun 2007. Meskipun puluhan permainan serupa telah datang dan pergi selama bertahun-tahun, EverQuest masih bertahan sebagai usaha komersial yang layak dengan ekspansi baru yang terus dirilis secara teratur, lebih dari dua puluh tahun setelah peluncuran awalnya. Permainan ini telah menghasilkan sejumlah media spin-off, termasuk buku dan permainan video, serta sebuah sekuel, EverQuest II, yang diluncurkan pada tahun 2004.

Banyak elemen dalam EverQuest diambil dari permainan MUD (Multi-User Dungeon) berbasis teks, terutama DikuMUDs, yang pada gilirannya terinspirasi oleh permainan role-playing tradisional seperti Dungeons & Dragons. Dalam EverQuest, pemain menciptakan karakter (juga dikenal sebagai avatar, atau secara kolokial sebagai char atau toon) dengan memilih salah satu dari dua belas ras dalam permainan, yaitu manusia, high-elves, wood-elves, half-elves, dark-elves, erudites, barbarians, dwarves, halflings, gnomes, ogres, dan trolls. Dalam ekspansi pertama, diperkenalkan ras manusia kadal (Iksar). Manusia kucing (Vah Shir), manusia katak (Froglok), dan manusia naga (Drakkin) diperkenalkan dalam ekspansi-ekspansi selanjutnya. Pada saat pembuatan, pemain memilih pekerjaan petualangan masing-masing karakter (seperti penyihir, ranger, atau cleric — disebut sebagai kelas), dewa pelindung, dan kota awal. Penyesuaian penampilan wajah karakter tersedia saat pembuatan (rambut, warna rambut, gaya wajah, rambut wajah, warna rambut wajah, warna mata, dll.).

Pemain menggerakkan karakter mereka di seluruh dunia fantasi abad pertengahan Norrath, sering melawan monster dan musuh untuk mendapatkan harta dan poin pengalaman, dan secara opsional menguasai keterampilan perdagangan. Saat mereka maju, pemain naik level, mendapatkan kekuatan, prestise, mantra, dan kemampuan melalui perbuatan berani seperti memasuki kastil yang dikuasai musuh dan membunuh lawan yang layak di dalamnya, serta menjarah sisa-sisa mereka. Pengalaman dan peralatan bergengsi juga dapat diperoleh dengan menyelesaikan misi yang diberikan oleh karakter non-pemain yang ditemukan di seluruh negeri.

EverQuest memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan orang lain melalui bermain peran, bergabung dengan guild pemain, dan duel dengan pemain lain (dalam situasi terbatas – EverQuest hanya memungkinkan pertempuran pemain versus pemain (PVP) di server khusus PvP, zona arena tertentu, dan melalui duel yang disepakati).

Dunia permainan EverQuest terdiri dari lebih dari lima ratus zona.

Banyak instansi dunia yang ada di berbagai server. Di masa lalu, populasi server permainan terlihat saat log-in, dan menunjukkan puncak lebih dari 3000 pemain per server. Desain EverQuest, seperti permainan role-playing online multipemain masif lainnya, membuatnya sangat cocok untuk permainan kooperatif, dengan setiap pemain memiliki peran spesifik dalam kelompok tertentu.

EverQuest menampilkan empat belas kelas karakter yang dapat dimainkan saat dirilis pada tahun 1999, dengan dua lainnya - Beastlord dan Berzerker - ditambahkan dalam ekspansi Shadows of Luclin (2001) dan Gates of Discord (2004). Setiap kelas jatuh dalam salah satu dari empat kategori umum berdasarkan gaya permainan dan jenis kemampuan yang mereka gunakan, dengan beberapa kelas dibatasi pada ras tertentu.

Kelas Melee adalah mereka yang bertarung jarak dekat dan sering menggunakan serangan fisik langsung sebagai lawan dari sihir. Ini termasuk Warrior, karakter berbasis tank yang mengenakan baju besi berat dan dirancang untuk menerima kerusakan untuk grupnya menggunakan kemampuan taunt; Monk, karakter yang menggunakan kombinasi seni bela diri dan teknik bertarung tangan kosong; Rogue, kombinasi kelas pencuri dan pembunuh yang bisa menyelinap dan bersembunyi dalam bayangan serta mencuri dari musuh; dan Berserker, petarung kuat yang berspesialisasi dalam senjata dua tangan seperti kapak dan mampu memasuki keadaan marah dan kekuatan yang meningkat.

Kelas Priest adalah penyembuh utama yang mempelajari sihir yang dapat menyembuhkan sekutu mereka atau diri mereka sendiri. Kelas Priest terdiri dari Cleric, kelas dukungan yang sangat terspesialisasi yang mengenakan baju besi berat dan ahli dalam menyembuhkan serta memperkuat sekutu mereka; Druid, pengguna sihir yang mengambil kekuatan dari alam yang dapat memulihkan vitalitas dan kekuatan sihir rekan satu tim mereka; dan Shaman, pejuang suku yang menarik kekuatan dari alam roh untuk menyembuhkan, memperkuat orang-orang di sekitar mereka, dan melemahkan musuh mereka.

Casters adalah pengguna sihir dan penyihir yang mengenakan baju besi ringan tetapi menguasai mantra yang kuat. Di antara mereka termasuk Wizard, kelas yang terspesialisasi dalam memberikan kerusakan yang menggunakan kekuatan api, es, dan energi sihir murni untuk efek yang menghancurkan serta kemampuan teleportasi; Magician, seorang pemanggil yang mampu memanggil pelayan elemental yang membantu mereka dalam memberikan kerusakan; Necromancer, caster gelap yang menggunakan kekuatan penyakit dan racun untuk melayukan lawan mereka sambil memerintah sekutu undead untuk membantu mereka; dan Enchanter, ilusionis yang dapat mengambil banyak bentuk, mendukung sekutu dengan mantra penguatan, dan menenangkan musuh dengan kemampuan hipnotis.

Kelas Hybrid adalah mereka yang dapat melakukan berbagai peran atau memiliki kemampuan berbagai jenis. Ini termasuk Paladins, ksatria yang memiliki kemampuan untuk menerima kerusakan atau menyembuhkan dengan sihir atau menumpangkan tangan; Shadowknights, pejuang gelap yang menggunakan kombinasi serangan jarak dekat dan kemampuan penyakit/racun untuk merusak musuh serta menerima kerusakan untuk kelompok; Bard, penyanyi yang dapat menggunakan lagu-lagu magis untuk sejumlah efek - termasuk merusak musuh, memperkuat sekutu, dan meningkatkan kecepatan gerakan diri mereka sendiri dan orang lain; Rangers, pelindung alam yang mempelajari sihir penyembuhan dan dukungan selain mampu merusak musuh dalam pertempuran jarak dekat atau dari jarak jauh dengan busur dan anak panah; dan Beastlords, pejuang primal yang selalu didampingi oleh pelindung hewan mereka yang membantu mereka memberikan kerusakan, dan dapat membantu rekan satu tim mereka dengan keterampilan penyembuhan dan dukungan.

Baca juga : LEVEL-5 - NI NO KUNI
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts