Bethesda Softworks - The Elder Scrolls Online

 The Elder Scrolls Online, atau disingkat ESO, adalah sebuah permainan peran daring multipemain masif (MMORPG) yang dikembangkan oleh ZeniMax Online Studios dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks. Permainan ini merupakan bagian dari seri Elder Scrolls. Dirilis untuk Windows dan macOS pada April 2014, untuk PlayStation 4 dan Xbox One pada Juni 2015, dan untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X/S pada Juni 2021.

The Elder Scrolls Online berlatar benua Tamriel dan menampilkan alur cerita yang tidak langsung terhubung dengan permainan lain dalam waralaba Elder Scrolls. Permainan ini telah dalam pengembangan selama tujuh tahun sebelum dirilis pada tahun 2014, yang membutuhkan model langganan bulanan wajib.

The Elder Scrolls Online awalnya menerima ulasan yang bercampur dari para kritikus. Resepsi meningkat secara signifikan dengan perilisan ulang pada Maret 2015 dan perubahan nama menjadi The Elder Scrolls Online: Tamriel Unlimited, beralih ke model beli untuk dimainkan dengan mikrotransaksi dan langganan opsional. Permainan ini telah terjual lebih dari 15 juta unit pada tahun 2020 dan menghasilkan lebih dari $2 miliar dalam pendapatan pada tahun 2024.

The Elder Scrolls Online, seperti permainan Elder Scrolls sebelumnya, dapat dimainkan dalam perspektif orang pertama atau orang ketiga. Gameplay sebagian besar non-linear, dengan campuran dari misi, peristiwa acak, dan eksplorasi dunia yang bebas. Permainan ini tidak menyediakan mode untuk dimainkan secara offline, meskipun para pengembang menyatakan bahwa akan ada "banyak konten" untuk dimainkan solo secara online.

Pemain memilih antara sepuluh ras yang berbeda:

- Manusia: Nord, Redguard, Breton, dan (dengan pembelian terpisah) Imperial

- Ras Elvish: Dunmer (Dark Elves), Altmer (High Elves), Bosmer (Wood Elves), dan Orsimer (Orcs)

- Ras binatang: Khajiit dan Argonian

Pemain memilih salah satu dari tujuh kelas saat membuat karakter: Dragonknight, Sorcerer, Nightblade, Templar, Warden, Necromancer, atau Arcanist. Setiap kelas memberikan pemain serangan, mantra, dan efek pasif yang berbeda-beda. Permainan ini memiliki pilihan karakter lain selain ras dan kelas, seperti karakter pemain juga dapat menjadi vampir atau manusia serigala, masing-masing dengan pohon keterampilan mereka sendiri. Ada tujuh jalur keterampilan pembuatan yang berbeda: Alchemy, Blacksmithing, Clothier, Enchanting, Woodworking, Provisioning, dan Jewelry Crafting.

The Elder Scrolls Online telah dalam pengembangan selama tujuh tahun sebelum dirilis pada tahun 2014. Ini adalah proyek pertama untuk ZeniMax Online Studios, yang dibentuk pada tahun 2007. Matt Firor, pemimpin studio di ZeniMax Online, adalah sutradara The Elder Scrolls Online. ZeniMax Online melisensikan HeroEngine pada November 2007. Ini digunakan sebagai papan tulis untuk permainan dalam pengembangan awal sementara mesin produksi sedang dalam pengembangan. Permainan ini didanai oleh Providence Equity Partners dan keuntungan yang diinvestasikan kembali dari kesuksesan The Elder Scrolls IV: Oblivion.

Rumor tentang sebuah permainan The Elder Scrolls multipemain masif telah beredar selama bertahun-tahun, pertama kali dipicu oleh pendaftaran domain oleh ZeniMax Media pada November 2007 untuk ElderScrollsOnline.com. Informasi tentang permainan dan pengumuman Mei 2012 yang akan datang bocor pada Maret 2012, kepada publikasi online Tom's Guide oleh sumber industri anonim. Menurut kebocoran tersebut, permainan tersebut dijadwalkan akan ditampilkan pada E3 2012 pada bulan Juni dan QuakeCon 2012 pada bulan Agustus. Pada 8 November 2012, Bethesda merilis video di YouTube yang disebut "Pengantar The Elder Scrolls Online", di mana para pengembang permainan membahas konten dan pengembangan permainan. Beberapa aktor diumumkan untuk mengisi suara karakter-karakter di The Elder Scrolls Online, termasuk John Cleese, Bill Nighy, Kate Beckinsale, Lynda Carter, Alfred Molina, Michael Gambon, Jennifer Hale, Malcolm McDowell, dan Peter Stormare. Pendaftaran beta untuk The Elder Scrolls Online dimulai pada 21 Januari 2013, dan berlanjut selama tujuh putaran hingga 26 Februari.

Pada Juni 2013, Sony mengumumkan bahwa The Elder Scrolls Online akan tersedia di PlayStation 4 pada konferensi pers E3-nya. Bethesda kemudian mengklarifikasi ketersediaannya di Xbox One. Bermain lintas platform ada di Windows dan Mac, dan tidak di Xbox One dan PlayStation 4. Pada Agustus 2013, di Gamescom, diumumkan bahwa The Elder Scrolls Online akan memiliki biaya langganan bulanan setelah perilisannya untuk semua platform. Langganan bisa dibeli dalam kenaikan waktu 30, 90, dan 180 hari. Pada Januari 2014 diumumkan bahwa permainan tersebut tidak akan memerlukan langganan PlayStation Plus untuk bermain online, dan versi Xbox One akan memerlukan langganan Xbox Live Gold selain langganan bulanan The Elder Scrolls Online. Pada 8 Mei 2014, Bethesda berbicara tentang pengembangan edisi konsol, mengumumkan bahwa tanggal rilis untuk versi PlayStation 4 dan Xbox One dari permainan akan ditunda hingga akhir tahun 2014, meskipun terungkap pada Desember 2014 bahwa debut konsol permainan sekali lagi ditunda hingga awal 2015. ZeniMax Online Studios mengumumkan bahwa pemain yang membeli The Elder Scrolls Online sebelum akhir Juni 2014 akan memiliki kesempatan untuk mentransfer karakter mereka dari Windows atau Mac OS ke platform konsol mana pun dan menerima langganan gratis selama 30 hari.

The Elder Scrolls Online diumumkan pada 3 Mei 2012, di situs web Game Informer dan di majalah bulanan pada bulan yang sama. Dirilis pada 4 April 2014, untuk Windows dan Mac. Rilis konsol rumah untuk PlayStation 4 dan Xbox One dirilis pada 9 Juni 2015. Permainan ini kemudian dipindahkan ke Stadia pada 16 Juni 2020.

Segera setelah peluncurannya, beberapa pemain dilaporkan tidak dapat mengaktifkan waktu permainan komplementer 30 hari tanpa langganan dan—dalam "keadaan yang aneh" dan "sangat mungkin kesalahan"—setelah satu bulan penuh telah dibayar. Sebuah eksploitasi duplikasi item yang serius ditemukan yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan kekayaan besar, yang kemudian diperbaiki setelah perilisan. ZeniMax kemudian mengumumkan bahwa mereka telah secara permanen melarang ribuan akun karena eksploitasi.

Baca Juga : EPIC GAMES - DAUNTLESS
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts