CCP Games - Eve Online

 Eve Online adalah permainan peran online multipemain massal (MMORPG) berbasis luar angkasa yang dikembangkan dan diterbitkan oleh CCP Games. Pemain Eve Online dapat berpartisipasi dalam sejumlah profesi dan kegiatan dalam permainan, termasuk penambangan, perampokan, manufaktur, perdagangan, eksplorasi, dan pertempuran (baik pemain melawan lingkungan (PVE) maupun pemain melawan pemain (PVP)). Permainan ini memiliki total 7.800 sistem bintang yang dapat dikunjungi oleh pemain.

Permainan ini terkenal dengan skala dan kompleksitasnya dalam hal interaksi pemain. Di dalam dunia permainan tunggal yang dibagikan, pemain terlibat dalam kompetisi ekonomi yang tidak terduga, peperangan, dan skema politik dengan pemain lainnya. Pertempuran B-R5RB, yang melibatkan ribuan pemain dalam satu sistem bintang tunggal, berlangsung selama 21 jam dan diakui sebagai salah satu pertempuran terbesar dan termahal dalam sejarah permainan. Eve Online dipamerkan di Museum of Modern Art dengan video yang mencakup peristiwa dan prestasi historis para pemain.

Eve Online dirilis di Amerika Utara dan Eropa pada Mei 2003. Permainan ini diterbitkan dari Mei hingga Desember 2003 oleh Simon & Schuster Interactive di Amerika Utara dan oleh Crucial Entertainment di Inggris, setelah itu CCP membeli hak dan mulai menerbitkan sendiri melalui skema distribusi digital. Pada 22 Januari 2008, diumumkan bahwa Eve Online akan didistribusikan melalui Steam. Pada 10 Maret 2009, permainan ini kembali tersedia dalam bentuk kotak di toko-toko, dirilis oleh Atari. Pada Februari 2013, Eve Online mencapai lebih dari 500.000 pelanggan. Pada 11 November 2016, Eve Online menambahkan versi bermain gratis terbatas.

Pemain memulai permainan dengan memilih karakter yang telah dibuat sebelumnya atau dengan membuat karakter baru. Setiap akun Eve Online memungkinkan hingga tiga karakter. Ketika pemain membuat karakter baru, mereka memulainya dengan memilih salah satu dari empat ras yang dapat dimainkan - Amarr, Gallente, Minmatar, atau Caldari. Setiap ras dibagi lagi menjadi tiga garis keturunan yang memberikan karakter penampilan yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan baik oleh pemain.

Berbeda dengan banyak MMO lainnya, di mana terdapat banyak salinan alam semesta permainan yang dimaksudkan untuk berjalan secara bersamaan (yaitu, server), Eve Online secara fungsional adalah permainan dunia tunggal. Ada setidaknya empat salinan alam semesta yang berjalan: server utama "Tranquility", "Serenity" berbasis Tiongkok, server uji "Singularity" (juga "Sisi") yang merupakan server uji umum, dan server acara, "Thunderdome", yang digunakan untuk turnamen. Sebuah server uji baru diumumkan bernama "Buckingham" untuk menggantikan "Singularity" sebagai server uji utama EVE Online sementara "Singularity" digunakan untuk pengujian bersama Dust 514/EVE Online. Karena Dust 514 tidak lagi aktif, "Singularity" kini menjadi server uji utama lagi dan "Buckingham" adalah server uji tertutup untuk pengembang CCP.

Lingkungan bermain di Eve Online terdiri dari lebih dari 5000 sistem bintang, serta 2500 sistem lubang cacing yang dapat diakses secara acak, berlangsung pada tahun 23341 Masehi. Sistem diklasifikasikan berdasarkan Status Keamanan mereka, pada skala desimal dari −1.0 hingga 1.0. Sistem ini dikategorikan menjadi tiga grup, masing-masing menentukan respons dari unit penegak hukum NPC CONCORD (Consolidated Co-operation and Relations Command). Sistem bintang yang diklasifikasikan sebagai keamanan 0.5–1.0 dianggap "keamanan tinggi" dan serangan yang tidak diotorisasi/tanpa provokasi oleh karakter pada karakter lain di mana pun dalam sistem akan menyebabkan munculnya penegak hukum. Unit ini akan menyerang dan menghancurkan penyerang, dan dirancang untuk memperkuat kekuatan sehingga mereka akan selalu menang dalam pertempuran. Namun, CONCORD bukanlah preventif, melainkan punitif, artinya ada jendela pendek antara memulai serangan dan hancurnya di mana seorang pemain (atau sekelompok) dapat menghancurkan kapal pemain lain. Sistem yang diklasifikasikan 0.1–0.4 dianggap "keamanan rendah", di mana unit penegak hukum CONCORD tidak akan menghancurkan penyerang, tetapi memantau tindakan agresi tanpa provokasi dan memiliki senjata penjaga otomatis di beberapa lokasi. Serangan tanpa provokasi akan menandai penyerang sebagai target bebas bagi pemain lain, dan serangan yang terlihat oleh senjata penjaga akan menyebabkan mereka menembaki penyerang. Sistem yang diklasifikasikan 0.0 hingga −1.0 disebut sebagai "ruang nol" atau "ruang nol", dan tidak memiliki penegak hukum; sistem individu, atau kelompok sistem, mungkin dikendalikan oleh aliansi pemain, hingga pembuatan kekaisaran yang dimiliki pemain yang mencapai seluruh "wilayah" (kelompok agregat sistem bintang). Sistem lubang cacing hanya dapat diakses melalui lubang cacing yang muncul dan menghilang secara acak, dan juga merupakan ruang bebas hukum, menampilkan sebagai −1.0. Namun, korporasi yang dijalankan oleh pemain tidak dapat mengklaim kedaulatan di sistem lubang cacing. Sistem bintang berisi berbagai jenis benda langit, membuatnya lebih atau kurang cocok untuk berbagai jenis operasi. Biasanya, pemain menemukan medan asteroid, planet, stasiun, gerbang bintang, dan bulan di suatu sistem. Banyak sumber pendapatan paling menguntungkan dalam permainan ditemukan di sistem nol atau keamanan rendah yang berbahaya, memberikan insentif kepada pemain untuk terlibat dalam kegiatan berisiko tinggi dengan imbalan tinggi di mana mereka harus bertahan dari pelecehan mungkin dari pemain lain yang juga dapat masuk ke dalam sistem.

Pertempuran dan Perjalanan

Garis frigat kelas Rifter setelah serangan yang sukses terhadap kapal perang kelas Armageddon

Mode permainan utama permainan ini adalah terbang menggunakan kapal luar angkasa. Pemain dapat merapat di stasiun, di mana mereka aman dan dapat menggunakan layanan stasiun seperti perbaikan, penyesuaian ulang, dan pasar regional. Semua pertempuran luar angkasa terjadi secara real-time dengan kecepatan sub-light dari sekitar 100 m/s hingga lebih dari 8000 m/s, tergantung pada ukuran dan pengaturan kapal. Meskipun pemain dapat mengendalikan kapal mereka secara manual seperti dalam simulator pertempuran luar angkasa seperti Wing Commander atau X-Wing setelah perilisan ekspansi Rhea pada 9 Desember 2014, kebanyakan lebih memilih untuk memberikan perintah seperti Orbit, Approach, atau Align kepada komputer penerbangan mereka, yang melakukan yang terbaik untuk mematuhinya. Penyamaran senjata, namun, tidak dapat dilakukan secara manual; sebaliknya, pemain mengunci lawan dan memerintahkan senjata mereka untuk menembak, dan hasilnya ditentukan melalui perhitungan berdasarkan faktor-faktor seperti jarak, kecepatan, pelacakan senjata, dan tingkat keacakan.

Perjalanan melintasi jarak lebih dari ratusan kilometer sebagian besar dilakukan dengan menggunakan Warp Drive kapal, yang setiap kapal dan kapsul pelarian memiliki. Sebagai alternatif, pemain juga dapat memilih untuk "berlayar lambat" melintasi jenis jarak ini, yaitu, bepergian tanpa warp drive. Untuk memasuki warp, pemain memberikan perintah untuk melakukan warp ke objek yang lebih dari 150 km jauhnya dan di sistem bintang yang sama; setelah manuver penyejajaran, kapal mereka akan masuk ke dalam warp. Kecepatan warp diukur dalam unit astronomi per detik dan bervariasi berdasarkan kelas kapal dan perangkat. Warp drive kapal dapat dinonaktifkan sementara oleh senjata gangguan warp, yang merupakan bagian penting dari pertempuran untuk mencegah target dari melarikan diri.

Untuk sebagian besar kapal, perjalanan antara sistem bintang hanya mungkin dengan menggunakan struktur yang disebut "Stargates". Setiap stargate terhubung ke stargate mitra di sistem lain; sebagian besar sistem bintang memiliki lebih dari dua stargate, membentuk jaringan melalui mana pemain melakukan perjalanan. Meskipun pemain dapat melakukan perjalanan ke sejumlah tujuan dalam sistem individu, kebutuhan untuk menggunakan stargates untuk melakukan perjalanan antar sistem membuatnya menjadi titik fokus untuk pertempuran.

Selain menggunakan Stargates, kapal-kapal kapital juga dapat menggunakan jump drive, yang memerlukan kapal lain untuk membuat "Cynosural Field" yang kemudian dapat diikuti oleh kapal kapital. Meskipun ini memungkinkan kapal kapital untuk melakukan perjalanan secara instan, ini memerlukan pihak kedua yang dapat dipercaya (atau akun alternatif) untuk membuat sinyal. Jump drive juga mengkonsumsi bahan bakar (berbeda dengan stargates, yang tidak memerlukan apa pun), menguras kapasitor kapal, meninggalkannya hampir tak berdaya sampai diisi ulang, dan menimbulkan "kelelahan lompat", yang mencegah pilot untuk melompat untuk periode waktu yang semakin lama setelah setiap lompatan berturut-turut. Titan juga mampu memungkinkan kapal lain melakukan perjalanan secara instan dengan membuat jembatan sementara ke lapangan cynosural. Kapal tempur Ops Hitam dapat membuat jembatan serupa, tetapi tidak terdeteksi, yang mampu mengangkut hanya jenis kapal penyamaran tertentu seperti Pembom Berselubung.

Korporasi yang dijalankan oleh pemain yang mengklaim kedaulatan atas dua sistem nol dalam jangkauan satu sama lain juga dapat mendirikan jembatan lompat di pangkalan bintang milik pemain (POS) yang ada di orbit bulan. Jembatan lompat memungkinkan perjalanan instan ke jembatan lompat sistem lain, dengan biaya menggunakan bahan bakar (memerlukan pasokan oleh korporasi yang memiliki) yang disesuaikan dengan massa kapal yang menggunakannya. Ini juga menyebabkan penumpukan kelelahan lompat. Karena sistem POS & kode POS yang menua telah dihapus dari permainan, struktur yang dapat ditempatkan secara fleksibel telah secara efektif menggantikan jembatan lompat lama. Namun, tidak seperti jembatan lompat POS lama, ini memungkinkan pemain untuk menyesuaikan siapa yang boleh menggunakan gerbang berdasarkan pengaturan seperti keadaan atau afiliasi korporasi/aliansi. Ini juga tidak perlu ditempatkan dalam POS, dan sebagai hasilnya sering kali ditempatkan di dekat struktur Citadels yang dimiliki pemain.

Peningkatan

Berbeda dengan permainan daring multipemain lainnya, karakter pemain di Eve Online terus berkembang dari waktu ke waktu dengan melatih keterampilan, proses pasif yang terjadi dalam waktu dunia nyata sehingga proses pembelajaran terus berlanjut bahkan jika pemain tidak masuk. Antrian pelatihan keterampilan memungkinkan hingga 50 keterampilan untuk dijadwalkan, dengan total jadwal pelatihan maksimal 10 tahun. Sebelum rilis "Phoebe" pada 4 November 2014, antrian pelatihan keterampilan memungkinkan keterampilan untuk dijadwalkan mulai pelatihan hanya hingga 24 jam ke depan. Beberapa keterampilan membutuhkan keterampilan prasyarat lain untuk dilatih pada tingkat tertentu, dan beberapa keterampilan membutuhkan waktu lebih lama untuk dilatih daripada yang lain; misalnya, keterampilan untuk terbang dengan kapal ruang angkasa kelas Titan membutuhkan waktu 8 kali lebih lama untuk dilatih daripada keterampilan untuk terbang dengan kapal frigat, dengan sejumlah besar keterampilan prasyarat.

Sebelum ekspansi Odyssey, tidak mungkin melatih lebih dari satu karakter per akun pada saat yang sama. Odyssey memperkenalkan "Pelatihan Karakter Ganda", yang memungkinkan pemain menggunakan PLEX (lihat akun dan langganan) untuk memungkinkan akun itu melatih karakter kedua selama 30 hari, setara dengan membayar langganan 30 hari pada akun lain untuk melatih satu karakter. Odyssey 1.2 memperkenalkan "Pelatihan Karakter Berganda" yang lebih umum yang memungkinkan pemain menggunakan lebih banyak PLEX untuk mengaktifkan fitur ini untuk karakter ketiga dalam akun.

Ekonomi

Ekonomi dalam permainan di Eve Online adalah ekonomi terbuka yang sebagian besar didorong oleh pemain. Pedagang karakter non-pemain (NPC) menjual buku keterampilan yang digunakan oleh pemain untuk mempelajari keterampilan baru dan cetak biru untuk memproduksi kapal dan modul. Pedagang NPC juga membeli dan menjual Barang Perdagangan. Beberapa Barang Perdagangan hanya untuk perdagangan antara pedagang NPC sedangkan yang lain memiliki penggunaan fungsional dan tidak baik untuk diperdagangkan dengan NPC. Karakter itu sendiri mengumpulkan bahan mentah yang diperlukan untuk memproduksi hampir semua kapal dan modul kapal dalam permainan. Kapal NPC dapat dirampas dan diselamatkan untuk barang dan bahan. Kapal dan perlengkapan yang tidak dibuat oleh pemain dapat dibeli dari berbagai faksi NPC saat karakter mendapatkan status dengan mereka, dan dapat dijual kembali dalam ekonomi dalam permainan. Mata uang dalam permainan adalah ISK (Interstellar Kredits), yang juga kode mata uang dari krona Islandia, mata uang dunia nyata Islandia, di mana studio pengembangan Eve Online berlokasi.

Jumlah uang atau bahan di alam semesta tidak tetap dan, sebagai contoh, ekonomi beroperasi di bawah pasokan dan permintaan. Manipulasi pasar memungkinkan dalam skala besar, contoh khususnya adalah peningkatan dan serangan beruang. CCP tidak mengeluarkan pengembalian dana atas pembelian dalam permainan. Oleh karena itu, selalu ada risiko jenis tertentu trik kepercayaan atau penipuan lainnya. Ekonomi diimbangi dengan diperkenalkannya secara otomatis bahan tambahan di daerah yang tidak terisi. Hal ini mendorong penyebaran pemain yang lebih merata.

Permainan menyediakan dukungan untuk perdagangan sumber daya dalam permainan, termasuk grafik sejarah harga item, dengan Donchian Channel dan harga rata-rata harian. Beberapa karakter pemain beroperasi terutama sebagai pedagang, menghasilkan keuntungan melalui pembelian, penjualan, dan pengangkutan barang. Orang lain beroperasi terutama sebagai produsen, memperoleh komponen atau bahan mentah dan mengubahnya, kadang-kadang dalam skala besar, menjadi item yang berguna seperti senjata, kapal, amunisi, item, atau berbagai teknologi yang diminati oleh pemain lain. Beberapa pemain yang kurang berorientasi pada pertempuran beroperasi sebagai penambang atau penyelamat, mengumpulkan dan memproses bijih yang digunakan dalam manufaktur atau mengumpulkan bahan penyelamat untuk dibuat menjadi item, masing-masing. Terakhir, beberapa karakter beroperasi sebagai tentara bayaran atau perompak, dibayar terutama untuk siap tempur dan baik untuk menyerang atau mempertahankan usaha menguntungkan lainnya.

Berbeda dengan beberapa permainan seperti Second Life, mata uang dalam permainan tidak dapat dengan bebas dikonversi dengan mata uang dunia nyata. Pemain hanya dapat membeli item dalam permainan tertentu (seperti Perpanjangan Lisensi Pilot (PLEX), token yang 500 dapat ditukarkan dengan 30 hari waktu Omega) dari CCP dengan mata uang dunia nyata. Pemain kemudian dapat menjual item tersebut di pasar dalam permainan untuk ISK (mata uang permainan). Proses kebalikannya, menjual mata uang dalam permainan atau item untuk uang dunia nyata, dilarang. Alasan pengembang untuk kebijakan ini, seperti yang dijelaskan oleh perwakilan CCP di Fanfest 2010, adalah bahwa pertukaran mata uang gratis menyebabkan perbankan dalam permainan jatuh ke dalam domain peraturan yang sama dengan perbankan dunia nyata. CCP lebih suka tidak memberlakukan pembatasan ini pada perilaku dalam permainan, baik karena kesulitan penegakan peraturan dan keinginan untuk memungkinkan pemain untuk membuat bank dalam permainan yang tidak sah atau skema Ponzi jika mereka ingin melakukannya.

Para komentator telah mencoba untuk memperkirakan nilai entitas Eve Online dalam mata uang dunia nyata berdasarkan nilai PLEX saat ini. Salah satu konversi tersebut menilai titan siap tempur (kapal paling kuat dalam permainan) seharga US$7.600, meskipun perkiraan bervariasi. Umumnya, tidak ada pemain yang mengeluarkan jumlah mata uang dunia nyata sedemikian besar untuk mengakuisisi jumlah kekayaan dalam permainan, memilih untuk melakukan kegiatan dalam permainan yang menghasilkan keuntungan tinggi.

Pada tahun 2007, CCP adalah pengembang game pertama yang mempekerjakan seorang ekonom, Eyjólfur Guðmundsson, untuk mengawasi ekonomi dalam permainan Eve. Guðmundsson sebelumnya adalah dekan fakultas bisnis dan ilmu pengetahuan di Universitas Akureyri. Eyjólfur Guðmundsson akan meninggalkan CCP pada tahun 2014 ke posisi Rektor di Universitas Akureyri pada Juli 2014.

Pelecehan

Berdasarkan fokus permainan pada kebebasan, konsekuensi, dan skema politik pemain, banyak kasus pelecehan yang terjadi di dalam dan sekitar permainan. Pelecehan ini dapat berupa perampokan, pencurian, penipuan, atau tindakan agresif lainnya terhadap pemain atau kelompok pemain lainnya. CCP Games, pengembang Eve Online, telah membuat upaya untuk membatasi jenis pelecehan tertentu, termasuk penciptaan kebijakan pelaporan, pengawasan staf, dan kerjasama dengan pihak penegak hukum dalam beberapa kasus. Meskipun demikian, banyak pemain Eve Online menganggap pelecehan ini sebagai bagian dari dinamika permainan yang membuatnya menarik dan unik. Beberapa pemain Eve Online memilih untuk membentuk aliansi, yang sering kali menjadi kekuatan politik dan militer terkuat dalam permainan, untuk melawan ancaman dari pemain lain atau memperluas pengaruh mereka sendiri.

Berbagai insiden pelecehan terkenal telah terjadi dalam sejarah Eve Online, termasuk serangan besar terhadap koloni pemain lain dan penipuan besar-besaran yang mengakibatkan kerugian ekonomi besar. Namun, beberapa pemain dan kelompok pemain yang terkena dampak pelecehan telah menemukan cara untuk membalas dendam atau mengkompensasi kerugian mereka, dan intrik politik dan perang pemain sering kali menjadi bagian integral dari naratif permainan. Peristiwa seperti pertempuran B-R5RB, di mana ribuan pemain terlibat dalam pertempuran epik yang melibatkan kerugian kapal dan harta miliaran dolar, telah menarik perhatian media internasional dan menunjukkan daya tarik permainan tersebut dalam hal skala dan kompleksitasnya.

Eve Online juga telah menjadi tempat untuk penelitian akademis tentang perilaku manusia dan dinamika ekonomi dalam konteks lingkungan permainan yang terbuka dan tak terduga. Para ilmuwan telah menggunakan data dari permainan ini untuk memahami lebih baik bagaimana interaksi antara pemain, struktur politik, dan faktor-faktor ekonomi memengaruhi perilaku kolektif dalam lingkungan virtual yang rumit.

Baca Juga : CRYPTIC STUDIOS - NEVERWINTER
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts