Warner Bros - Dying Light

Dying Light adalah permainan video horor survival tahun 2015 yang dikembangkan oleh Techland dan diterbitkan oleh Warner Bros. Interactive Entertainment. Cerita permainan ini mengikuti seorang agen menyamar bernama Kyle Crane yang dikirim untuk menyusup ke zona karantina di sebuah kota fiksi di Timur Tengah bernama Harran. Permainan ini menampilkan sebuah kota terbuka yang dipenuhi musuh dengan siklus siang-malam dinamis, di mana zombie lamban dan canggung pada siang hari tetapi menjadi sangat agresif pada malam hari. Permainan ini berfokus pada pertarungan berbasis senjata dan parkour, memungkinkan pemain untuk memilih antara bertarung atau melarikan diri saat dihadapkan dengan bahaya. Permainan ini juga memiliki mode multipemain asimetris (awalnya ditetapkan sebagai bonus pemesanan awal), dan mode multipemain kooperatif empat pemain.

Pengembangan permainan dimulai pada awal 2012, setelah tim menyelesaikan pengembangan Dead Island. Sistem parkour dalam permainan ini menekankan gerakan alami. Untuk menerapkannya, Techland harus meninggalkan sebagian besar elemen cerita dan membangunnya kembali dari awal. Untuk membuat cerita yang sesuai dengan selera penonton Amerika, tim penulis bekerja sama dengan Dan Jolley. Cerita ini terinspirasi oleh Heart of Darkness dan The Plague. Diumumkan pada Mei 2013, permainan ini dirilis pada Januari 2015 untuk Linux, PlayStation 4, Windows, dan Xbox One. Permainan ini direncanakan untuk dirilis di PlayStation 3 dan Xbox 360, tetapi versi-versi ini dibatalkan karena keterbatasan perangkat keras.

Saat dirilis, Dying Light menerima ulasan yang bervariasi dari para kritikus, dengan pujian utama terutama ditujukan pada pertarungan, grafik, multipemain kooperatif, navigasi, dan siklus siang-malam, sementara mendapatkan kritik mengenai cerita, kesulitan, dan masalah teknis. Permainan ini adalah judul terlaris pada bulan Januari 2015 dan memecahkan rekor penjualan bulanan pertama dari sebuah properti intelektual horor survival baru. Permainan ini menjadi sukses komersial, dengan telah terjual 20 juta unit pada April 2022. Techland berkomitmen untuk mendukung permainan ini, dan merilis paket konten unduhan, penambahan konten, dan pembaruan gratis untuk permainan ini beberapa tahun setelah peluncuran awal. Sebuah ekspansi, berjudul Dying Light: The Following, dirilis pada Februari 2016. Sekuelnya, Dying Light 2 Stay Human, dirilis pada Februari 2022.

Dying Light adalah permainan video horor survival yang dimainkan dari perspektif orang pertama. Permainan ini berlatar di lingkungan dunia terbuka bernama Harran; awalnya, area bernama Slums bisa dijelajahi secara bebas, kemudian ditambahkan area kedua, yang dapat diakses melalui saluran pembuangan, yang disebut Old Town. Pemain menjelajahi lingkungan perkotaan ini, yang diserang oleh zombie-zombie ganas. Ada penekanan pada mekanika parkour, yang memungkinkan pemain melakukan aksi seperti memanjat, melompat dari tepi, meluncur, melompat antara atap, dan menggunakan tali zip. Sebuah kait pengait memungkinkan pemain memanjat bangunan dan berpindah tempat dengan cepat. Saat pemain menjelajahi dunia permainan, mereka dapat mengumpulkan persediaan dan barang jarahan, yang dapat digunakan untuk membuat senjata baru atau dijual ke pedagang. Karakter pemain dapat menggunakan "indra bertahan hidupnya" untuk mengidentifikasi semua barang jarahan yang ada di sekitar dan menggunakan kunci gembok untuk membuka peti kunci dan kendaraan terkunci. Pemain juga dapat menyelesaikan berbagai misi sampingan dengan menerima tugas-tugas yang diberikan oleh karakter non-main di zona aman permainan. Saat pemain menjelajahi Harran, mereka juga dapat mengambil berbagai barang koleksi seperti catatan dan jurnal, dan mendengarkan rekaman pesan suara.

Dying Light mengandung siklus siang-malam dinamis. Pada siang hari, pemain dapat menyiapkan perangkap, menyelamatkan penyintas acak, dan menuju ke jatuhnya paket. Yang terinfeksi lambat, apatis, dan mudah terlihat dan mereka dapat dengan mudah dihindari. Pemain dapat menggunakan perangkap lingkungan, seperti duri, pagar berlistrik, dan tangki gas, untuk membunuh yang terinfeksi. Pada malam hari, yang terinfeksi berubah menjadi jauh lebih berbahaya. Tanpa sinar matahari, indra yang terinfeksi menjadi lebih akurat. Mereka juga dapat berlari mengejar karakter pemain, menyebabkan kerusakan lebih banyak, dan mendapatkan kemampuan untuk melompat dan memanjat bangunan. Agar pemain menghindari kontak, mereka perlu menggunakan "indra bertahan hidupnya" untuk menemukan dan menghindari yang terinfeksi. Jika karakter pemain terlihat, mereka dapat menggunakan gangguan dan perangkap untuk mengurangi jumlah yang terinfeksi. Pertahanan utama pemain terhadap yang terinfeksi adalah cahaya ultraviolet, yang memperlambat gerakan mereka. Di tempat perlindungan, pemain dapat menyesuaikan waktu siang malam, melewatkan malam sama sekali jika pemain merasa belum siap.

Permainan ini menampilkan berbagai musuh, termasuk Biters yang lambat dan rendah, Bomber yang meledak saat karakter pemain terlalu dekat, Virals yang dapat berlari dengan cepat, dan Volatiles berbahaya yang hanya muncul pada malam hari. Sebagian besar pertarungan dalam permainan menggunakan senjata tajam, dengan lebih dari 100 senjata dan lebih dari 1500 kemungkinan senjata melalui pembuatan dan penyesuaian. Senjata tajam memiliki umur pakai terbatas dan akan rusak dan

 rusak jika pemain menggunakannya dalam pertarungan untuk waktu yang lama. Pemain dapat memperbaiki senjata sejumlah terbatas kali atau membongkarnya menjadi bagian. Membuat senjata memerlukan bahan pembuatan, seperti perban dan bagian logam, dan blueprint, yang dapat diambil atau dibeli dari toko. Di paruh kedua permainan, pemain juga dapat menggunakan senjata api jarak jauh: dua jenis senapan serbu dan berbagai senjata api kecil dan senapan patah. Senjata api tidak rusak atau rusak, tetapi amunisi umumnya langka dan suara dari mereka akan menarik perhatian musuh. Senjata dikategorikan menjadi raritas yang berbeda, yang ditandai dengan warna senjata. Pemain juga dapat menggunakan barang-barang lain seperti kembang api, yang mengalihkan perhatian musuh, dan bahan peledak seperti koktail molotov, untuk membantu pertarungan. Selain itu, mekanika parkour terintegrasi dengan pertarungan.

Efisiensi pertarungan karakter pemain diatur oleh kesehatannya, kebugaran, dan stamina. Ketika pemain menerima kerusakan, dia akan kehilangan kesehatan, yang dapat dipulihkan saat Crane menggunakan kit medis atau mengonsumsi makanan. Kebugaran mengatur daya tahan lari bebasnya, sementara stamina berfokus pada seberapa cepat Crane menjadi lelah dalam pertarungan. Berbagai tindakan di Dying Light dapat membantu pemain untuk mendapatkan poin pengalaman. Terlibat dalam pertarungan dengan musuh akan membantu pemain mendapatkan poin kekuatan, sementara melakukan gerakan parkour dapat mendapatkan poin kegesitan. Menyelesaikan misi, tantangan, dan quest akan membantu pemain mendapatkan poin survival. Saat pemain mendapatkan pengalaman, mereka dapat menghabiskan poin keahlian untuk memilih keterampilan baru dari pohon keterampilan. Pengalaman ditingkatkan saat pemain menjelajahi pada malam hari, dan sementara poin survival dikurangi jika terbunuh saat siang hari, tidak ada hukuman seperti itu pada malam hari.

Permainan ini memiliki mode multipemain kooperatif empat pemain yang memungkinkan pemain untuk menjelajahi Harran dan menyelesaikan kampanye bersama-sama. Pemain juga dapat menyelesaikan tantangan kooperatif untuk pengalaman, seperti berjuang untuk membunuh sebanyak mungkin yang terinfeksi dan berlomba satu sama lain untuk mendapatkan jatuhnya paket. Fitur multipemain yang disertakan adalah mode permainan yang dikenal sebagai "Be the Zombie" yang memungkinkan pemain untuk bermain sebagai mutan terinfeksi yang kuat dan cepat yang disebut "Night Hunter" dan menginvasi server pemain lain. Pemain yang berperan sebagai manusia bertugas untuk menghancurkan sarang terinfeksi dan bertahan dari serangan yang dilakukan oleh Night Hunter, sementara tujuan Night Hunter adalah untuk menghabiskan jumlah nyawa kolektif pemain dan dengan demikian mencegah mereka menyerang sarang.

Tim inti Techland, yang sebelumnya merilis Dead Island pada tahun 2011, memulai pengembangan Dying Light pada awal 2012. Saat tim mengevaluasi umpan balik dari Dead Island dan mengidentifikasi area untuk diperbaiki, mereka merasa bahwa proyek baru mereka sangat berbeda dari Dead Island asli dan memerlukan permainan yang benar-benar berbeda. Direktur Techland, Adrian Ciszewski, mencatat perbedaan visi kreatif antara studio dan penerbit Dead Island, Deep Silver, yang kontrolnya atas judul tersebut mencegah studio dari mewujudkan visinya. Untuk alasan ini, Techland memutuskan untuk berpisah dari Deep Silver dan mengembangkan properti baru. Tim pengembangan juga menganggap Dying Light sebagai kesempatan untuk membuktikan bahwa studio tersebut dapat membuat permainan AAA. Warner Bros. Interactive Entertainment bertindak sebagai penerbit permainan dan memberikan kendali kreatif penuh kepada Techland.

Baca Juga : MIHOYO - HONKAI: STAR RAIL
Sumber     : Wikipedia

Comments

Popular Posts