Wildcard - Ark: Survival Evolved

 
Ark: Survival Evolved (atau ARK) adalah permainan video aksi-petualangan bertahan hidup yang dirilis pada tahun 2015 yang dikembangkan oleh Studio Wildcard. Dalam permainan ini, para pemain harus bertahan hidup setelah terdampar di salah satu dari beberapa peta yang dipenuhi oleh dinosaurus berkeliaran, monster fantasi fiksi, hewan prasejarah lainnya, bahaya alam, dan mungkin juga pemain manusia yang bersifat musuh.

Permainan ini dimainkan dari sudut pandang orang ketiga atau orang pertama dan dunianya dapat dieksplorasi dengan berjalan kaki atau dengan menunggang hewan prasejarah. Pemain dapat menggunakan senjata api dan senjata improvisasi untuk membela diri dari pemain manusia dan makhluk-makhluk yang bersifat musuh, dengan kemampuan untuk membangun basis sebagai pertahanan di darat dan di beberapa hewan. Permainan ini memiliki opsi pemain tunggal dan multipemain. Multipemain memungkinkan opsi untuk membentuk suku pemain di server. Jumlah maksimum anggota suku bervariasi dari setiap server. Dalam mode ini, semua dinosaurus yang dijinakkan dan struktur bangunan biasanya dibagi antara anggota-anggota. Ada mode PvE di mana pemain tidak dapat saling bertarung kecuali sebuah peristiwa perang tertentu yang disepakati oleh kedua belah pihak dipicu.

Pengembangan dimulai pada bulan Oktober 2014, ketika pertama kali dirilis di PC sebagai judul akses awal pada pertengahan tahun 2015. Tim pengembangan melakukan penelitian tentang penampilan fisik hewan-hewan tersebut tetapi mengambil lisensi kreatif untuk tujuan permainan. Instinct Games, Efecto Studios, dan Virtual Basement disewa untuk memfasilitasi pengembangan permainan. Permainan ini resmi dirilis pada bulan Agustus 2017 untuk Linux, macOS, PlayStation 4, Windows, dan Xbox One, dengan versi untuk Android, iOS, dan Nintendo Switch pada tahun 2018, versi untuk Stadia pada tahun 2021, dan versi Nintendo Switch yang kedua, terpisah pada tahun 2022.

Ark: Survival Evolved menerima ulasan yang secara umum bercampur aduk, dengan kritik untuk kesulitan yang "memutuskan", aktivitas yang sangat memakan waktu, ketergantungan pada grinding, dan masalah kinerja, terutama pada versi Nintendo Switch asli. Beberapa ekspansi untuk permainan ini telah dirilis sebagai konten yang dapat diunduh. Permainan ini menerima dua permainan turunan pada bulan Maret 2018 - permainan realitas virtual Ark Park dan permainan survival sandbox PixArk - dan tiga aplikasi pendamping: A-Calc pada bulan Oktober 2015, Dododex pada bulan Agustus 2017, dan ARKing pada bulan September 2023.

Sebuah remake, Ark: Survival Ascended, dirilis dalam akses awal untuk Windows pada tanggal 25 Oktober 2023.

Permainan

Ark: Survival Evolved adalah permainan aksi-petualangan bertahan hidup yang diatur dalam lingkungan dunia terbuka dengan siklus siang-malam yang dinamis dan dimainkan dari sudut pandang orang ketiga atau orang pertama. Untuk bertahan hidup, pemain harus mendirikan sebuah basis, dengan api dan senjata; kegiatan tambahan, seperti menjinakkan dan memberi makan dinosaurus, membutuhkan sumber daya lebih banyak. Dunia permainan, yang dikenal sebagai "Ark", memiliki ukuran sekitar 48 km2, dengan sekitar 36 km2 daratan dan 12 km2 lautan.

Saat ini ada 194 makhluk yang menghuni dunia Ark. Pada versi awal permainan, hampir semua makhluk adalah dinosaurus nyata dan makhluk prasejarah lainnya, tetapi seiring perkembangan alur cerita, makhluk-makhluk mitos seperti wyvern, griffin, golem, dan phoenix ditambahkan. Seiring dengan rilisnya ekspansi, makhluk-makhluk yang sepenuhnya asli, seperti Karkinos dan Velonasaur, juga masuk ke dalam permainan, serta makhluk-makhluk robot asli seperti Enforcer dan Scout.

Salah satu mekanik utama permainan ini adalah menjinakkan makhluk. Sebagian besar makhluk dapat dijinakkan oleh pemain, meskipun beberapa, seperti Meganeura atau Titanomyrma, tidak bisa. Metode penjinakan bervariasi dari makhluk ke makhluk. Sebagian besar makhluk adalah jinak "pingsan", yang berarti pemain harus membuat makhluk pingsan menggunakan proyektil bius atau dengan menggunakan senjata tumpul, seperti tongkat. Seringkali pemain perlu menjaga dinosaurus tetap terbius selama penjinakan. Beberapa dinosaurus membutuhkan waktu lebih lama daripada yang lain untuk dijinakkan, sehingga memerlukan lebih banyak narkotika. Pemain dapat menggunakan narco berry, atau membuat narkotika dari narco berry dan daging busuk. Setelah pingsan, pemain harus memberi makan makhluk dengan makanan yang mereka sukai, seperti buah untuk herbivora atau daging mentah untuk karnivora. Makanan yang berbeda membantu menjinakkan hewan dengan kecepatan yang bervariasi. Kebanyakan makhluk dijinakkan secara paling efektif - dan cepat - dengan makanan yang disebut Kibble, yang merupakan item yang dibuat menggunakan telur dari makhluk lain. Beberapa makhluk juga dapat dijinakkan secara pasif, dengan mendekatinya dan memberinya makanan dengan hati-hati. Setelah sebuah makhluk dijinakkan, mereka akan mengikuti perintah dari pemain yang menjinakkannya. Selain itu, kebanyakan makhluk dapat ditunggangi, dan oleh karena itu memungkinkan pemain untuk memanfaatkan kemampuan makhluk tersebut, seperti terbang atau bergerak cepat di bawah air. Ketika menunggangi beberapa makhluk tertentu, pemain mungkin masih bisa menggunakan senjata. Mereka juga dapat digunakan untuk membawa barang-barang, dan pemain dapat memberikan perintah ofensif dan defensif kepada mereka; sebagai contoh, sekelompok Utahraptor dapat ditugaskan untuk membela basis, atau sekelompok Triceratops dapat diperintahkan untuk menyerang basis musuh. Beberapa makhluk yang lebih besar, seperti Brontosaurus atau Mosasaurus, dapat memiliki platform bangunan ditempatkan di punggung mereka, memberikan pemain basis yang dapat bergerak, meskipun kecil. Permainan ini juga memiliki berbagai hewan lain, seperti dodo, harimau sabertooth, mammoth berbulu, Meganeura, Titanomyrma, dan Doedicurus. Setiap makhluk dalam permainan memiliki ekosistem hidup dan hierarki predator.

Pemain harus melacak berbagai meteran, seperti kesehatan, stamina, oksigen, lapar, haus, dan "berat", atau berapa banyak yang bisa mereka bawa. Jika pemain menerima kerusakan, meteran kesehatan mereka akan perlahan-lahan pulih jika mereka telah mengonsumsi makanan yang diperlukan, atau jika mereka membuat item yang mengembalikan meteran kesehatan dengan kecepatan yang lebih cepat. Sebaliknya, meteran kesehatan pemain akan perlahan-lahan pulih seiring waktu. Pemain dapat mendapatkan pengalaman melalui pemanenan material, pembuatan, membunuh, atau menemukan catatan penjelajah. Setelah pemain telah mendapatkan pengalaman yang cukup, mereka akan mendapatkan poin level, yang dapat dihabiskan untuk meningkatkan salah satu statistik pemain, yang mencakup kesehatan maksimum, stamina maksimum, oksigen maksimum, meteran makanan maksimum, meteran air maksimum, berat maksimum yang dapat dibawa, kerusakan tempur, kecepatan gerak, dan kecepatan pembuatan. Pada bulan Juni 2022, level maksimum pemain adalah 105, dengan tambahan 60 level lagi yang akan diperoleh dengan mengalahkan bos akhir permainan, 5 diperoleh dengan meningkatkan chibi (hewan peliharaan kosmetik yang diperoleh melalui acara dalam permainan), dan 10 level tambahan melalui mendapatkan semua catatan penjelajah di seluruh permainan dasar dan semua DLC serta 10 level tambahan dengan mendapatkan semua runa yang ditemukan di ark kustom Fjordur. Makhluk yang dijinakkan juga dapat mendapatkan pengalaman dan poin level, yang dapat dihabiskan untuk statistik yang sama. Makhluk memunculkan diri ke dalam permainan pada level berkisar dari 1 hingga 150, dan, ketika dijinakkan, dapat mendapatkan hingga 75 level lagi dengan mendapatkan pengalaman. Ada juga dinosaurus yang bisa dijinakkan pada level yang lebih tinggi, yaitu dinosaurus tek. Ini memunculkan pada level maksimum 180. Ada variasi khusus dari makhluk, misalnya, Rock Drake, atau variasi Wyvern, yang dapat muncul hingga level 190, tetapi mereka tidak dapat dijinakkan di alam liar, dan sebaliknya harus menetas dari telur masing-masing.

Pemain dapat membangun struktur di seluruh dunia. Untuk membangun sebuah basis, pemain harus mendapatkan komponen struktur - seperti lantai, pintu, dan jendela yang dibangun dengan sumber daya yang tersebar di seluruh dunia - yang diperoleh saat mereka berkembang dan mendapatkan level, kemudian mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya. Komponen-komponen ini kemudian dapat dibuat dan ditempatkan di dunia. Pemain dapat membuat struktur apa pun, selama mereka memiliki logistik dan sumber daya; integritas struktural bangunan terganggu ketika tiang dan fondasi hancur. Struktur dapat dibangun dari berbagai tingkat material, dengan tingkat yang lebih baik memberikan perlindungan yang lebih besar, tetapi membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk dibuat. Pemain mulai dengan membuat struktur ilalang, kemudian beralih ke kayu, batu, logam, dan akhirnya tek, sebuah material masa depan dan akhir permainan. Ada juga struktur kaca yang dapat digunakan untuk mendapatkan efek rumah kaca pada tanaman yang ditanam di dalamnya. Struktur adobe memblokir panas dari luar untuk suhu ideal di dalam bangunan. Pemain juga dapat membuat barang dalam permainan, seperti senjata, dengan mengumpulkan sumber daya dan teknologi yang diperlukan untuk pembuatan. Selain itu, pemain dapat membuat dan melekatkan aksesori pada senjata mereka, seperti scope atau senter untuk pistol atau senapan serbuk.

Baca Juga : GRINDING GEAR GAMES - PATH OF EXILE
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts