Ankama Games - Dofus

Dofus adalah permainan peran daring multipemain masif berbasis giliran taktis (MMORPG) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Ankama Games, sebuah produsen video game asal Prancis. Awalnya dirilis hanya dalam bahasa Prancis, permainan ini kemudian diterjemahkan ke banyak bahasa lainnya. Permainan ini mencakup akun berbayar yang menawarkan pengalaman penuh dan akun gratis yang menawarkan konten yang lebih terbatas. Kesuksesannya telah mendorong pemasaran produk turunan, seperti buku, seni, komik, dan film yang dirilis pada tahun 2016. Permainan ini juga telah menghasilkan dua kelanjutan: Dofus Arena, dirilis pada awal 2006, yang merupakan versi "turnamen" alternatif dari Dofus; dan Wakfu, sekuel dari Dofus. Permainan ini telah menarik lebih dari 40 juta pemain di seluruh dunia dan sangat dikenal di Prancis.

Dofus berlangsung di Dunia Dua Belas, sebuah alam semesta fantasi tinggi. Pemain harus menemukan enam Dofus primordial, telur naga yang memberikan kekuatan besar kepada pemiliknya, yang tersebar di seluruh dunia. Permainan ini menampilkan dunia terbuka yang memungkinkan tingkat otonomi pemain yang tinggi. Pemain dapat memilih untuk terlibat dalam pertempuran Pemain vs Pemain, pertempuran Pemain vs Lingkungan, atau berpartisipasi dalam ekonomi permainan dengan memperoleh dan/atau memperdagangkan barang-barang dalam permainan.

Dofus adalah produk Ankama pertama yang berlangsung di dunia transmedia Krosmoz. Dari kesuksesan pertama ini muncul banyak produk turunan, termasuk dua permainan video lainnya, Arena pada tahun 2011 dan kemudian Wakfu pada tahun berikutnya, acara televisi (Wakfu, Dofus: Aux trésors de Kerubim) dan film (Dofus, buku 1: Julith).

Karya turunan pertama adalah manfra Dofus, volume pertamanya dirilis pada 10 Oktober 2005. Ini ditulis oleh Tot, salah satu pencipta permainan, dan digambar oleh Ancestral Z.

Dofus berlangsung di "Dunia Dua Belas", dinamakan demikian karena ada 12 dewa yang menghuni dunia tersebut. Pemain mengontrol avatar 2D yang termasuk dalam salah satu dari 19 kelas karakter dalam tampilan orang ketiga. Setiap kelas memiliki serangkaian mantra unik yang tidak dapat diperoleh oleh kelas lain. Seperti kebanyakan permainan peran daring multipemain masif lainnya, pemain meningkatkan level dengan memperoleh pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh dengan mengalahkan monster dan menyelesaikan misi. Dengan setiap level, pemain mendapatkan poin yang dapat digunakan untuk meningkatkan karakteristik dan mantra avatar mereka. Pemain dapat mengakses mantra dan peralatan baru dengan naik level. Pemain menerima 'aura' khusus ketika mencapai level 100, dan memperoleh aura yang berbeda pada level 200, level maksimum. Pemain juga dapat memutuskan untuk mengambil profesi dan sering bergabung untuk menyelesaikan penjara bawah tanah. Banyak juga yang menjadi bagian dari guild untuk lebih mudah berkoordinasi dengan yang lain. Pemain menyelesaikan misi untuk mendapatkan pengalaman dan hadiah lainnya.

Meskipun permainan berlangsung secara waktu nyata, pertempuran dalam Dofus dilakukan seperti permainan strategi berbasis giliran - di mana setiap pemain bergiliran melakukan serangkaian gerakan dan serangan dalam batas waktu. Jadi, ketika seorang pemain menyerang monster - mereka dipindahkan ke 'peta salinan' di mana pertarungan berlangsung. Begitu pertarungan dimulai, tidak ada pemain lain yang dapat bergabung dalam pertarungan itu. Pemain menggunakan serangkaian mantra (yang unik untuk kelas karakter itu) untuk, antara lain, menyerang, menyembuhkan, memperkuat, atau menguras Poin Aksi (AP) atau Poin Gerakan (MP) seseorang. Semua tindakan yang dilakukan dalam pertempuran (oleh pemain dan monster) menghabiskan sejumlah AP dan semua gerakan menghabiskan MP. Dalam pertempuran, jika karakter kehilangan semua Poin Kesehatan (HP) mereka, mereka dianggap mati.

Karakter dalam Dofus dapat mempelajari berbagai profesi. Ada jenis profesi khusus yang disebut spesialisasi yang dapat meningkatkan statistik item. Profesi pengumpulan melibatkan pemain pergi ke alam liar dan mengumpulkan sumber daya alam, seperti kayu dan bunga tertentu. Ini dapat dibuat menjadi roti dan sejenisnya yang memulihkan kesehatan. Mereka juga dapat dijual karena banyak yang dibutuhkan sebagai item misi. Profesi kerajinan melibatkan pemain menyatukan sumber daya yang dikumpulkan untuk membuat berbagai macam item berbeda. Pemain mendapatkan pengalaman dalam setiap profesi dengan mengumpulkan sumber daya dari profesi itu dan/atau dengan membuat item, tergantung pada jenisnya. Ketika profesi pengumpulan pemain naik level, mereka dapat mengumpulkan jenis sumber daya baru dan memperoleh sumber daya dengan cepat. Ketika profesi kerajinan naik level, pemain dapat membuat item yang lebih kuat dan membuatnya dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, yang berarti kerajinan akan gagal lebih jarang.

Mata uang yang digunakan dalam Dofus disebut "Kamas" (k). Ada tiga kota yang memiliki pasar di mana orang dapat membeli dan menjual barang dan peralatan dengan biaya. Kamas dari penjualan ini langsung masuk ke akun bank pemain. Akun dibagi menjadi dua kategori, Gratis untuk Dimainkan dan Berbayar untuk Dimainkan. Permainan ini mencakup zona yang dapat diakses oleh akun Gratis untuk Dimainkan. Akun gratis memiliki akses ke zona pemain baru Incarnam dan akses ke kota Astrub dan sebagian besar daerah sekitarnya. Ini memungkinkan pemain baru menikmati permainan yang tampaknya penuh, tanpa dibatasi oleh batasan waktu. Akses ke seluruh dunia Dofus - termasuk akses ke kota-kota lain, berpartisipasi dalam pertempuran Pemain vs Pemain faksional dan dapat menaikkan level profesi di atas 30 - memerlukan biaya bulanan, dengan diskon diberikan untuk langganan jangka panjang.

Baca Juga : UBISOFT - EVERQUEST
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts