Naughty Dog - Crash Bandicoot

Crash Bandicoot adalah waralaba permainan video yang awalnya dikembangkan oleh Naughty Dog sebagai eksklusif untuk konsol PlayStation milik Sony. Waralaba ini telah melihat banyak sekuel yang dibuat oleh berbagai pengembang dan diterbitkan di berbagai platform. Seri ini terutama terdiri dari permainan platform, namun juga termasuk spin-off dalam genre balap kart dan game pesta. Seri ini awalnya diproduksi oleh Universal Interactive, yang kemudian dikenal sebagai Vivendi Games; pada tahun 2008, Vivendi bergabung dengan Activision, yang saat ini memiliki dan menerbitkan waralaba ini.

Permainan-permainan ini sebagian besar berlatar di Kepulauan Wumpa, sebuah kepulauan fiktif di selatan Australia di mana manusia dan hewan mutan hidup berdampingan, meskipun lokasi lain juga umum digunakan. Protagonis utama dalam seri ini adalah bandikut yang ditingkatkan secara genetik bernama Crash, yang kehidupan tenangnya di Kepulauan Wumpa sering terganggu oleh penciptanya dan antagonis utama dalam permainan, Doctor Neo Cortex, yang berusaha untuk mengeliminasi Crash sebagai penghalang konstan terhadap rencananya untuk menguasai dunia.

Crash Bandicoot pada dasarnya adalah seri permainan platform. Tujuan dari setiap level adalah membimbing Crash dari awal hingga akhir, bergerak ke dalam layar, menuju pemain, atau secara horizontal. Beberapa level menempatkan Crash dalam situasi unik yang membutuhkan penggunaan sepeda motor, jetski, kapal selam, dan berbagai binatang liar untuk menyelesaikan level.

Di Crash Bandicoot asli, kemampuan Crash agak terbatas; dia dapat berlari, melompat, dan berputar melalui lingkungan yang penuh bahaya dan makhluk-makhluk musuh. Cortex Strikes Back memperkenalkan beberapa gerakan baru untuk Crash, termasuk lompat tinggi, lompat putar tinggi, slam tubuh, dan serangan meluncur. Warped mengembangkan ini dengan memberi pemain kemampuan baru setelah mengalahkan setiap bos, yang kemudian diadopsi oleh The Wrath of Cortex. Pemain juga dapat berputar dan meluncur sekaligus dengan menekan tombol yang tepat.

Benda koleksi paling umum dalam seri ini adalah Buah Wumpa, yang ditemukan di jalur utama sebagian besar level, serta di dalam kotak-kotak. Mengumpulkan 100 Buah Wumpa akan memberikan pemain satu kehidupan tambahan. Buah Wumpa memiliki berbagai penggunaan tambahan dalam judul-judul spin-off, seperti mengembalikan kesehatan di level Crash Bash tertentu dan meningkatkan kekuatan senjata di Crash Team Racing. Dalam judul terbaru, Buah Wumpa digunakan untuk memulihkan kesehatan Crash, dengan Mojo menggantikannya sebagai barang koleksi utama yang baru. Dengan mengumpulkan topeng Aku Aku, Crash dapat dilindungi dari bahaya yang disebabkan oleh sebagian besar musuh dan rintangan (meskipun elemen tertentu seperti jurang tanpa dasar akan menyebabkannya kehilangan satu kehidupan). Crash dapat mengumpulkan hingga dua topeng untuk dua pukulan tambahan, dengan topeng tambahan memberinya ketahanan sementara. Ketika Crash mengumpulkan dua topeng, Aku Aku akan berwarna emas dalam sebagian besar permainan; namun, di Crash Twinsanity, Aku Aku akan berkilau.

Barang berharga utama lain yang sering ditemukan Crash dalam petualangannya termasuk Permata dan Kristal. Kebanyakan Permata dalam seri ini didapat dengan menghancurkan semua kotak di sebuah level. Mulai dari Cortex Strikes Back, lima Permata berwarna tambahan dapat diperoleh dengan menyelesaikan tugas khusus atau menemukan area tersembunyi. Crash Twinsanity mengandung enam Permata berwarna per level, yang sebagian besar diperoleh dengan memecahkan teka-teki kecil. Kristal, yang memainkan peran kunci dalam plot sebagian besar permainan Crash setelah Cortex Strikes Back, biasanya diperlukan untuk maju dalam permainan. Relik, yang pertama kali diperkenalkan dalam Warped, diperoleh dalam mode Uji Waktu, dengan reli berharga lebih tinggi diperoleh untuk waktu yang lebih cepat. Dalam permainan asli, pemain juga dapat memperoleh dua kunci setelah menyelesaikan dua ronde bonus Cortex, yang digunakan untuk membuka dua level ekstra.

Kotak-kotak datang dalam berbagai jenis dan dapat ditemukan dengan melimpah di dunia Crash. Sebagian besar kotak akan membantu perjalanan pemain melalui permainan, memberikan Buah Wumpa, titik hit tambahan dalam bentuk topeng Aku Aku, dan kehidupan tambahan. Dalam sebagian besar permainan, pemain akan diberikan permata jika mereka menghancurkan semua kotak di sebuah level.

TNT dan Nitro Crates adalah satu-satunya kotak yang dapat merusak Crash. TNT Crates memiliki sumbu tiga detik saat melompat, tetapi Nitro Crates akan meledak seketika setelah kontak dengan Crash atau apa pun yang menabraknya. Kotak Switch (dibedakan dengan tanda seru) digunakan untuk membuat kotak-kotak yang tidak terlihat sebelumnya muncul. Kotak Switch hijau akan meledakkan semua Nitro Crates dalam level.

Kotak yang ditandai dengan "C" adalah titik kontrol yang akan dikembalikan Crash jika dia terbunuh selama permainan. Kotak yang Terkunci dilindungi oleh cangkang logam yang hanya dapat dihancurkan dengan gerakan slam tubuh Crash, sementara Kotak Pegas memungkinkannya mencapai area yang tinggi dengan melompat di atasnya. Kotak Slot dengan cepat beralih antara beberapa jenis kotak, dan jika tidak dipecahkan tepat waktu, akan menjadi logam dan tidak dapat dihancurkan. Kotak Waktu adalah kotak khusus yang hanya ditemukan dalam mode Uji Waktu. Mereka akan membekukan waktu untuk jumlah detik yang ditampilkan pada kotak, meningkatkan peluang pemain untuk mengalahkan uji waktu.

Crash Bandicoot asli menggunakan struktur yang cukup linear di mana Crash melewati level pada peta, dengan beberapa area dapat diakses dengan menemukan permata. Mulai dari Cortex Strikes Back, permainan biasanya berlangsung di dunia pusat yang disebut Ruang Warp, dengan level dibagi menjadi setiap lima. Untuk maju, pemain harus menemukan dan mengumpulkan Kristal dalam setiap tahap, yang dapat dimainkan dalam urutan apa pun, sebelum menghadapi bos dari setiap ruangan. Mulai dari Twinsanity, permainan-permainan mengambil pendekatan yang lebih bebas dalam perjalanan Crash, dengan Crash bepergian melalui berbagai daerah dengan jalan kaki. Banyak pengarang musik telah berkontribusi pada seri Crash Bandicoot. Josh Mancell dari Mutato Muzika bertanggung jawab atas musik dari empat permainan pertama. Setelah permainan keempat, banyak pengarang musik lainnya bertanggung jawab atas musik dalam permainan lainnya. Steve Duckworth mengarang musik untuk Crash Bash, Andy Blythe dan Marten Joustra untuk The Wrath of Cortex, Ashif Hakik dan Todd Masten to Crash Nitro Kart, and Spiralmouth compose a capella to Twinsanity.

Baca Juga : TEAM BLOODLUST - BLADE & SOUL
Sumber : Wikipedia

Comments

Popular Posts